VKTR dan PENS Resmikan Innovation Lab Kendaraan Listrik

Pengembangan pusat riset dan inovasi di bidang elektrifikasi transportasi antara PT VKTR Teknologi Mobilitas dan Politeksik Elektronika Negeri surabaya (PENS).
Sumber :
  • VKTR/Bakrie & Brothers

VIVA – PT VKTR Teknologi Mobilitas (VKTR) anak perusahaan PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR), meresmikan PENS-VKTR Innovation Lab of Transport Electrification di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Jawa Timur.

Daftar Mobil Listrik Paling Diburu Orang RI Selama 4 Bulan Tahun Ini

Direktur Utama PT VKTR Teknologi Mobilitas Gilarsi W Setijono mengatakan, berdirinya EV Innovation Lab sebagai tindak lanjut dari nota kesepahaman kedua belah pihak. Di mana telah disepakati sejumlah langkah strategis untuk mewujudkan kerja sama di bidang penelitian, pengembangan, dan inovasi teknologi elektrifikasi transportasi.

"Kerja sama antara VKTR dan PENS ini nantinya akan bermuara pada tiga hal, pengembangan komponen telematika dan mekatronika, repowering bus dan angkot dari mesin bensin menjadi listrik, dan pengembangan teknologi motor listrik," kata Gilarsi dalam keterangan resmi, Senin 30 Mei 2022.

Konsisten Inovasi dan Transformasi Digital, Bank Mandiri Raih ISO 56002 Kitemark

VKTR dan PENS Teken MoU Bangun Innovation Lab Kendaraan Listrik.

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya/tangkapan layar

Gilarsi mengatakan, dalam pengembangan telematika VKTR bersama PENS akan melakukan studi secara mendalam terhadap aspek telekomunikasi dan informatika yang ada di dalam kendaraan listrik. Kemudian dalam hal mekatronika, studi akan banyak difokuskan kepada aspek teknik mesin, teknik listrik dan perangkat lunak.

Soroti Dampak Polusi Bagi Kesehatan, Legislator Komitmen Optimalkan Kendaraan Listrik

“Dari studi tersebut, insya Allah ke depannya kita akan mampu mengembangkan aspek telematika dan mekatronika dari kendaraan listrik secara mandiri,” ujarnya.

Adapun kerja sama tersebut juga akan menjangkau studi yang akan memungkinkan VKTR dan PENS, membangun industri yang mampu mengkonversi alat transportasi publik melalui mesin berbahan bakar energi fosil menjadi kendaraan listrik.

“Bersama PENS kita juga akan mengembangkan teknologi motor listrik. Salah satunya dengan menghadirkan motor listrik yang memiliki teknologi self-balance, sehingga jauh lebih nyaman dikendarai dibanding motor yang sudah ada selama ini,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur PENS Aliridho Barakbah menyambut baik kerja sama ini. Karena kolaborasi bersama VKTR menjadi terobosan yang akan membantu membangun budaya inovasi di kampusnya.

"Kami berupaya untuk terus membangun budaya inovasi di PENS, kerja sama ini menjadi bentuk nyata menjaga semangat PENS sebagai Kampus Inovasi. Kerja sama ini menjadi awal yang baik dari upaya menciptakan satu ekosistem yang saling mendukung dalam elektrifikasi transportasi di Indonesia secara jangka panjang dan berkelanjutan, oleh perguruan tinggi dan industri," ujarnya.

Sebelumya, VKTR telah menandatangani kerja sama strategis dengan sejumlah pihak. Di mana kerja sama diantaranya dilakukan dengan produsen bus listrik terkemuka dunia BYD Auto, produsen baterai ramah lingkungan asal Inggris British Volt, perusahaan karoseri Tri Sakti, perusahaan teknologi heavy mobility dari Inggris Equipmake dan sejumlah pihak lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya