Harga Cabai Melambung, Cabai Rusak pun Laris Manis

Suasana pedagang cabai di pasar blauran, Kota Salatiga.
Sumber :
  • tvOne/Aditya Bayu

VIVA – Harga cabai di pasar tradisional Blauran Kota Salatiga terpantau mengalami kenaikan yang cukup signifikan dalam 2 hari terakhir. Kenaikan harga cabai yang cukup tinggi terdapat pada cabai jenis rawit merah.

Ini Ukuran Kaca Film Mobil yang Direkomendasikan untuk Cuaca Indonesia

Cabai rawit merah sebelumnya dijual oleh pedagang di kisaran Rp20.000, saat ini bisa mencapai Rp50.000. Sedangkan harga cabai jenis lain seperti cabai rawit hijau, dan cabai merah keriting juga mengalami kenaikan 100 persen atau sebesar Rp20.000 tiap kilogramnya.

Menurut para pedagang kenaikan harga cabai yang cukup tinggi ini diduga, lantaran akibat cuaca buruk yang mempengaruhi hasil panen para petani.

Cuaca Panas di Thailand Kian Mengkhawatirkan, Tewaskan 61 Orang Sepanjang 2024

Suasana pedagang cabai di pasar blauran, Kota Salatiga.

Photo :
  • tvOne/Aditya Bayu

"Harga cabai naik sudah 2 hari ini. Semua jenis cabai, naik Rp20 ribu sampai Rp.30 ribu. Mulai cabai rawit hijau, rawit merah, merah keriting semuanya naik," ujar Kusnanti pedagang di pasar Blauran, Rabu1 Juni 2022.

Daftar Harga Pangan 10 Mei 2024: Bawang Putih hingga Telur Ayam Naik

Kusnanti juga menjelaskan kenaikan harga cabai dan beberapa sayuran ini diduga, akibat cuaca buruk yang melanda daerah penghasil cabai dan sayur seperti Salatiga, dan Kabupaten Semarang. Banyak cabai yang sampai ke pedagang mengalami kerusakan sehingga harus disortir lagi.

"Ini akibat cuaca buruk banyak cabai yang rusak. Saat ini kami juga harus mensortir lagi agar cabai baik dan rusak tidak campur. Ini yang rusak dijual harganya lebih murah dibanding yang bagus, bisa setengah harga," jelasnya.

Sementara itu Suwatik, warga Salatiga, mengatakan dengan kenaikan harga cabai ia terpaksa hanya mendapatkan sedikit untung dari usaha kulinernya. 

Suasana pedagang cabai di pasar blauran, Kota Salatiga.

Photo :
  • tvOne/Aditya Bayu

"Kami sebagai pelaku usaha kuliner juga bingung harus bagaimana. Karena tidak mungkin menaikkan harga makanan atau mengurangi bumbu, sementara bahan pokoknya terus melambung. Tadi cabai saya kaget kok harganya naiknya cukup tinggi. Ya yang bisa kami lakukan ya memilih-milih dalam berbelanja sesuai dengan kebutuhan," ujar Suwatik.

Sebagai informasi saat saat ini harga cabai dan beberapa sayur di pasar Blauran sebagai adalah sebagai berikut, cabai rawit merah Rp50.000, cabai rawit hijau Rp30.000, cabai merah keriting Rp50.000, kol Rp10.000 dan tomat Rp12.000.

Laporan: tvOne/Aditya Bayu

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya