BI Ungkap Cadangan Devisa RI Juni 2022 Naik, Ini Penyebabnya

Tumpukan uang dolar AS.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andika Wahyu

VIVA Bisnis – Bank Indonesia (BI) melaporkan, posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Juni 2022 sebesar US$136,4 miliar. Posisi itu lebih tinggi dibandingkan posisi akhir Mei 2022 yang hanya sebesar US$135,6 miliar.

Bank Indonesia and PP ASKI Hold Karate National Seminar

Kepala Departemen Komunikasi Erwin Haryono menjelaskan, peningkatan posisi cadangan devisa antara lain dipengaruhi oleh penerbitan global bond Pemerintah serta penerimaan pajak dan jasa.

“Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 6,6 bulan impor atau 6,4 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah,” kata Erwin dalam keterangan tertulis, Kamis 7 Juli 2022.

Gubernur BI Sebut Rupiah Menguat Menuju Rp 15.800 per Dolar AS, Ini Faktor Pendukungnya

Baca juga: Jokowi: Kalau Harga BBM Naik Ada yang Setuju?

Selain itu, posisi cadangan devisa juga berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor. Bank Indonesia menilai cadangan itu mampu menjaga ekonomi Indonesia.

Inflasi RI April Capai 3 Persen, BI: Masih Terjaga Sesuai Target 2024

“Cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makro ekonomi dan sistem keuangan,” jelasnya.

Cadangan Devisa Indonesia

Photo :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Pun, ke depan Bank Indonesia melihat cadangan devisa akan tetap memadai. Hal itu didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga.

“Seiring dengan berbagai respons kebijakan dalam mendorong pemulihan ekonomi,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya