Japnas Siap Jadi Mitra Pemerintah Pacu Transformasi Ekonomi

Ketua Umum Pengurus Pusat Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas), Bayu Priawan Djokosoetono.
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA Bisnis – Ketua Umum Pengurus Pusat Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas), Bayu Priawan Djokosoetono meyakini bahwa transformasi yang signifikan diperlukan untuk membangun perekonomian yang maju secara berkesinambungan. Ia menjelaskan, transformasi tersebut adalah dari ekonomi yang berbasis konsumsi, menjadi ekonomi berbasis produksi.

Kenaikan Cukai Picu Turunnya Produksi Rokok dan Penerimaan Negara

Karena itu, Bayu menegaskan bahwa Japnas siap jadi mitra pemerintah untuk memacu transformasi ekonomi. Pihaknya sangat mengapresiasi, mendukung, dan siap berpartisipasi secara aktif dalam berbagai kebijakan terkait perekonomian, yang sebelumnya telah dicanangkan oleh pemerintah.

Kebijakan yang dimaksud seperti hilirisasi industri, substitusi impor, peningkatan produksi dalam negeri, pembangunan energi bersih berkelanjutan, ekonomi hijau, ekonomi biru, hingga digitalisasi yang digagas pemerintah. 

Kawasaki Setop Produksi Ninja 400, Ini Penggantinya

"Tentunya, pembangunan industri halal dan ekonomi syariah yang sangat berkembang dan potensial atas dorongan pemerintah," kata Bayu dalam acara Munas I Japnas, di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Kamis 25 Agustus 2022.

Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi/Realisasi Investasi.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
RUPST Bukit Asam Sepakat Tebar Dividen Rp 4,6 Triliun, 75 Persen dari Laba Bersih

Bayu mengaku bangga, karena arah kebijakan pemerintah saat ini sudah 'on track' untuk menuju transformasi dalam perekonomian nasional. Japnas sendiri, lanjut dia, juga sudah 'on track' dalam posisi yang sejalan dengan upaya tersebut. Japnas akan berupaya untuk menjadi mitra strategis pemerintah, terutama dalam upaya mendorong investasi. 

"Japnas siap menjadi hub yang menghubungkan investasi dan kemitraan lokal di Indonesia, pada beragam sektor usaha," kata Bayu.

"Dengan keragaman dan keterlibatan kami di sektor riil, Japnas siap menjadi partner dalam sinkronisasi program dengan pemerintah untuk mendorong daya saing sektor usaha, perbaikan iklim investasi, infrastruktur, serta kebijakan publik," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya