Shell Mundur dari Blok Masela, Jokowi Tegaskan Ini

Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • ANTARA/Simon Lolonlun.

VIVA Bisnis – Presiden Joko Widodo memastikan akan mendorong percepatan pengoperasian proyek strategis nasional Blok Masela di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku. Meskipun ada salah satu investor yang mundur yaitu Shell.

Jokowi Bakal Turun Tangan Benahi Bea Cukai yang Banyak Masalah

Meski demikian Jokowi mengakui bahwa mundurnya Shell membuat pekerjaan persiapan pengoperasian Blok Masela ikut mundur.

"Blok Masela itu terus kita dorong. Yang semula, dulu sebetulnya akan jalan. INPEX dan Shell tetapi kemudian saat itu harga gas rendah sehingga ada satu yang mundur," kata Jokowi saat berkunjung ke Pasar Ngrimase Olilit, Saumlaki, Jumat, 2 September 2022.

Terpopuler: Sarwendah Ancam Netizen sampai Jokowi Hadir ke Nikahan Rizky Febian

Saat ini lanjut dia, Pemerintah sedang melakukan berbagai langkah untuk mempercepat proses keberlanjutan proyek raksasa itu.

Presiden Jokowi di Maluku.

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Infomasi Sekretariat Presiden
Dukung Ide Presidential Club Prabowo, Heikal: Insya Allah Silaturahmi Para Presiden akan Terjalin

"Pengerjaannya ikut mundur, dan partner yang baru terus kita dorong agar segera dimulai pekerjaan Blok Masela," katanya.

Sebagai informasi, dalam kunjungan itu Presiden Jokowi yang didampingi ibu Iriana Jokowi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, serta Gubernur Maluku Murad Ismail.  

Dia pun menegaskan, jika saatnya beroperasi, Blok Masela diyakini akan membawa keuntungan besar bagi masyarakat di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Hal itu bisa terlihat nanti dengan produk domestik regional bruto (PDRB) atau jumlah nilai tambah bruto yang timbul. Dari, seluruh sektor perekonomian di daerah akibat beroperasinya Blok Abadi Masela.

"Yang mendapat keuntungan besar nanti saat beroperasi adalah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, di Saumlaki. Dan itu akan sangat baik untuk perputaran uang di daerah, untuk PDRB di Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan juga di Provinsi Maluku," kata Jokowi.

SPBU Shell Modular

Photo :
  • Dok: Shell Indonesia

Kendati tidak memastikan secara rinci kapan Blok Masela dioperasikan, Presiden Jokowi memastikan akan terus mendorong agar proyek raksasa ini segera dimulai.

Sebelumnya, Shell Upstream Overseas Services Limited yang merupakan anak usaha Royal Dutch Shell mengundurkan diri sebagai operator dari proyek tersebut, dan belum ada investor pengganti untuk proyek Blok Masela. Padahal, semula proyek ini ditargetkan akan beroperasi pada 2027. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya