Gencarkan Eksplorasi, Begini Kinerja Pertamina Hulu Energi hingga Kuartal III-2022

Salah satu aset Pertamina Hulu Energi.
Sumber :
  • Dok. Pertamina Hulu Energi.

VIVA Bisnis – Subholding Upstream Pertamina, Pertamina Hulu Energi (PHE) menegaskan komitmen untuk terus menjaga kinerja tetap solid guna mendukung ketahanan energi nasional.

Kemendesa & PDTT Apresiasi Dukungan Pertamina Percepat Pertumbuhan Ekonomi di Wilayah Transmigrasi

Corporate Secretary PHE, Arya Dwi Paramita menjelaskan, dukungan ini dilakukan dengan menggencarkan kegiatan eksplorasi dan produksi migas untuk menjaga keberlanjutan bisnis hulu migas nasional.

Dia mengatakan, hingga kuartal III-2022, PHE mencatat angka produksi migas akumulatif rata-rata sebesar 962 ribu barel setara minyak per hari (MBOEPD). Rinciannya, produksi gas sebesar 2.590 juta kaki kubik per hari (MMSCFD) dan minyak 515 ribu barel per hari (MBOPD). 

Kabar Gembira untuk Konsumen BBM Pertalite yang Dijual Rp10 Ribu per Liter

"Capaian ini diperoleh dari seluruh wilayah kerja dalam dan luar negeri yang dikelola PHE sebagai Subholding Upstream Pertamina," kata Arya dalam keterangannya, Rabu 9 November 2022.

Corporate Secretary Pertamina Hulu Energi (PHE) Arya Dwi Paramita.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Pertamina Tegaskan Pertalite Tetap Disalurkan ke Seluruh Wilayah RI

Arya menjelaskan, sinergi dan strategi menjadi kunci keberhasilan kinerja pada kuartal III-2022 ini. Selain itu, hal tersebut juga dipengaruhi oleh alih kelola blok Rokan pada 2021, kinerja operation excellence, serta optimasi biaya di seluruh lapisan.

"PHE juga melakukan aktivitas pengeboran eksplorasi yang masif dan agresif untuk menambah temuan sumber daya baru migas," kata Arya.

Hingga saat ini, lanjut Arya, PHE telah selesai melakukan pengeboran eksplorasi sebanyak 13 sumur, dan 6 sumur yang saat ini masih dalam proses pengeboran. Kegiatan pengeboran sumur eksplorasi yang masif dan agresif ini juga telah memberikan hasil, berupa temuan sumber daya migas 2C.

Antara lain melalui sumur Sungai Gelam Timur-1 (SGET-001) di Jambi, Manpatu-1X di Mahakam, Wilela-001 di Onshore Sumatera Selatan, Bajakah-001 di Onshore Jawa Barat, R-2 di Blok North Sumatera Offshore (NSO), Sungai Rotan-1X (SRT-1X) di Jambi, Markisa-001 di Papua, dan GQX-1 di offshore Utara Pulau Jawa.

"Sedangkan pengeboran eksplorasi yang kini tengah berjalan, antara lain Kenanga-001, Kolibri-001, S-2, Helios, Kembo-001 dan Kecapi. Keberhasilan dari kegiatan pengeboran sumur ekplorasi ini telah memberikan hasil berupa temuan sumber daya baru migas sebesar 280 MMBOE," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya