Jokowi Bakal Luncurkan Pandemic Fund dengan Sejumlah Negara G20 Hari Ini

Presiden Jokowi meninjau kesiapan venue KTT G20 di Bali
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

VIVA Bisnis – Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa pada Minggu, 13 November 2022, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meluncurkan secara resmi pandemic fund (dana pandemi). Hal itu, dia sampaikan pada saat konferensi pers dalam Opening Remarks on Joint Finance and Health Minister' Meeting (JFHMM), yang diselenggarakan di Bali, pada Sabtu, 12 November 2022.

Bertemu PM Tajikistan, Jokowi Bahas Kerjasama Pengelolaan Air Bersih

"Presiden Jokowi akan meluncurkan dana ini (dana pandemi), pada 13 November, kita akan menjadikan acara ini menjadi acara peluncuran pandemic fund. Ini salah satu yang akan dilakukan Jokowi, di mana pada saat mengambil alih presidensi G20 dari Italia," kata Sri Mulyani.

Dia juga menambahkan bahwa salah satu fokus Indonesia adalah mengatasi persoalan pandemi, bagaimana dunia dapat membentuk mekanisme pendanaan yang dapat diandalkan untuk merespons pandemi yang lebih baik.

Presiden Joko Widodo Sempatkan Gelar Pertemuan Bilateral dengan Sri Lanka Saat KTT WWF 2024

Baca juga: Pengakuan Rizky Pembunuh Anak Kandung: Saya Tak Dihargai, Selalu ‘Diinjak-injak’

Selain itu, Sri Mulyani juga mengatakan bahwa sejauh ini ada beberapa negara yang juga turut berkontribusi dalam rencana pendanaan pandemi ini.

Jokowi Ajak Dunia Wujudkan Tata Kelola Air yang Inklusif dan Berkelanjutan

"Negara yang telah berkontribusi adalah Eropa, AS, Indonesia, China, Jepang, Jerman, Kanada, Republik Korea, UEA, Spanyol, Australia, Singapura, Norwegia, Selandia baru, dan malam ini kita dengar bahwa Prancis, Saudi Arabia, walaupun mereka nanti akan mengumumkan pada tingkat menteri jumlahnya berapa. Kemudian Afrika Selatan dan India."

Penjor di Bali saat KTT G20.

Photo :
  • VIVA/Maha Liarosh (Bali)

Negara yang berkontribusi tersebut, merupakan negara anggota G20 dan undangan yang sudah memberikan komitmen untuk memberikan kontribusinya pada pandemic fund tersebut. Selain itu, ada juga tiga audiensi filantropi.

JFHMM yang dipimpin Italia dan Indonesia serta didukung oleh WHO dan bank dunia, sudah memajukan mandat yang dipimpin G20 dengan membentuk FIF yang disebut sebagai pandemic fund.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya