RCI Dukung Penerapan Indonesia Net Zero Emission 2060

Penerapan Indonesia Net Zero Emission 2060
Sumber :
  • Istimewa

JakartaResponsible Care Indonesia telah melewati Tahun Perak atau Silver Anniversary pada tahun 2022 dan diperingati secara sederhana pada AGM 2022 yang lalu. Ditegaskan RCI mendukung Penerapan Indonesia Net Zero Emission 2060

Mantan Wakil Menteri Perdagangan Vietnam Ditangkap Atas Dugaan Korupsi

"RCI telah memberi pengalaman berharga bagi kita semua, perusahaan anggotanya, khususnya melalui “Best Practice Sharing” nilai-nilai Responsible Care yang diwujudkan melalui implementasi Responsible Care Code Management Practice dengan mengacu pada Guiding Principle dan Responsible Care Global Charter," ucap Edi Rivai selaku Chairman Responsabile Care Indonesia.

RCI

Photo :
  • Istimewa
Bea Cukai Malang Asistensi Keberhasilan Ekspor Perdana Jahe ke Uni Emirat Arab

Untuk diketahui bahwa RCI memiliki Functional Group yaitu Committee/FG - Environmental & Sustainability Affairs (ESA) yang di bawah Ketua bidang, Hanggara di mana semua kegiatannya terkait efisiensi energi dan program menuju industri hijau.

"Pada kegiatan ini dilakukan sharing best practice dari Pupuk Kaltim yang telah menerapkan efisiensi energi dengan menerapkan rencana kerja strategis menuju Indonesia net zero emission 2060 di mana diharapkan semua member lain dapat melakukan hal yang serupa," ujar Hanggara.

Menperin Tinjau Persiapan Akhir Indonesia Partner Country Hannover Messe 2023

Muhammad Setyabudhi Zuber sebagai Senior Director of RCI memberikan pandangan peranan RCI untuk member RCI dan lebih luasnya untuk industri kimia di Indonesia. Sekarang ini RCI sedang dalam perjalanan menuju Tiga Dekade pada 2027.

"Kegiatan hari ini di hadiri lebih dari 100 industri baik manufaktur maupun transporter yang menjadi member RCI," kata Muhammad Setyabudhi Zuber.

Pada kesempatan yang sama Direktur Kimia Hulu, Dirjen IKFT, Kementerian Perindustrian, Putu Nadiastuti menyampaikan pentingnya peranan asosiasi industri seperti RCI dalam mendukung program kerja pemerintah khususnya untuk menjamin keamanan dan keselamatan bahan kimia.

Sementara Chairman Responsabile Care Indonesia, Edi Rivai menyampaikan rekan-rekan dari perusahaan anggota RCI dan industri kimia Indonesia pada umumnya, untuk bersama-sama memikirkan agar RCI lebih memiliki makna dan nilai luhur tersebut kepada industri kimia dan industri penunjangnya di Indonesia.

"Melalui implementasi Responsible Care, mari kita terus upayakan peningkatan performa, kinerja kita untuk dapat memberikan kontribusi yang tidak kecil buat bangsa dan negara kita tercinta, Indonesia," kata Edi.

Keberadaan organisasi Responsible Care di Indonesia sebagai mitra pemerintah dan juga bagian dari Organisasi Responsible Care Global cukup memiliki peran strategis. Edi menjelaskan hampir pada setiap AGM, kami sampaikan bahwa di antara ratusan atau mungkin ribuan industri kimia (hulu dan hilir) saat ini kurang dari 10 persen yang menerapkan Responsible Care.

Sementara itu lanjut Edi, Pelaksanaan Verifikasi Responsible Care dalam Program Indonesia Responsible Care dilaksanakan pada Agustus – Desember 2023 di 25 plant sites / fasilitas industri, dari 21 Perusahaan anggota RCI di Palembang Sumsel, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur dan di Kalimantan Timur.

Proses Verifikasi kali ini dilaksanakan secara langsung. Pada masa pandemi Covid-19 proses verifikasi IRCA2021 dilaksanakan secara virtual. Kriteria Penilaian Program Verifikasi IRCA2023 lebih ketat dari sebelumnya, menjadi suatu tantangan untuk meningkatkan kualitas hasil verifikasi Responsible Care.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya