Tiga Program Pertamina Bina UMKM Biar Naik Kelas dan Go Global

Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati.
Sumber :
  • Dok. Pertamina

VIVA Bisnis – Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, memiliki tiga program utama dalam memajukan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan Pertamina, agar bisa naik kelas dan go global.

Dukung Pengelolaan Sumber Daya Alam, PHE Aktif Dalam World Water Forum 2024

Program pertama adalah Edutainment Program, yakni kegiatan upskilling, business matching, workshop UMKM, dan sharing session bagi UMKM dan masyarakat umum dengan narasumber berpengalaman di bidangnya. 

"Kedua adalah Expression Program, yakni showcase dan pameran produk UMKM binaan Pertamina dari seluruh Indonesia," kata Nicke dalam keterangannya, Selasa 29 November 2022.

Pelaku UMKM Resah soal Zonasi Larangan Penjualan Rokok di RPP Kesehatan, Terancam Merugi

Baca juga: Harga Emas Hari Ini 29 November 2022: Global Datar, Antam Kilaunya Masih Redup

Program yang dilengkapi dengan Metaverse ini merupakan updated technology, yang memungkinkan setiap customer untuk merasakan experience berbelanja langsung dengan menggunakan oculus yang akan ditempatkan di FX Sudirman dan beberapa titik pusat perkantoran Pertamina.

WWF 2024: Targetkan Pertumbuhan Bisnis Rendah Emisi, Ini Prioritas Pertamina NRE

Program ketiga adalah Extravaganza Program, yakni aktivasi komunikasi yang bertujuan untuk menarik perhatian customer melalui entertainment, live performance, dan games. Setelah melewati ketiga program itu, para UMKM binaan Pertamina baru bisa ikut serta dalam acara SMEXPO 2022, yang digelar Pertamina secara hybrid pada 28 November hingga 4 Desember 2022.

Pameran UMKM terbesar di akhir tahun ini akan menghadirkan 555 UMKM pilihan secara online, dari target 1.000 UMKM dari seluruh Indonesia. Pameran offline akan diselenggarakan di mall FX Sudirman, Jakarta, mulai 29 November-4 Desember 2022. 

50 booth UMKM Pertamina mendapatkan respons positif dan dikunjungi banyak pembeli potensial, terutama buyer luar negeri di event Trade Expo Indonesia (TEI) 2022.

Photo :

Nicke mengatakan, Pertamina SMEXPO 2022 merupakan pameran ketiga kalinya, yang dipersembahkan khusus untuk UMKM Indonesia sebagai pahlawan ekonomi nasional. Karena menurut Nicke, pascapandemi COVID-19 kita sama-sama memiliki tanggung jawab untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional. 

"Indonesia memiliki perbedaan dengan negara lain, karena memiliki UMKM yang memberikan kontribusi sekitar 60 persen terhadap perekonomian nasional dan 97 persen terhadap penyerapan tenaga kerja. Oleh karena itu, penting bagi kita semua untuk terus support UMKM," ujarnya.

Diketahui, Pertamina SMEXPO 2022 tahun ketiga ini mengusung tema "Asli Indonesia, Asli Kerennya". Diharapkan, tema ini dapat meningkatkan persepsi masyarakat Indonesia, terhadap produk lokal asli Indonesia yang tidak kalah bersaing dengan produk mancanegara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya