Nikahi Erina Gundono, Intip Sederet Sumber Kekayaan Kaesang Pangarep

Prosesi midodareni Kaesang - Erina
Sumber :
  • YouTube Presiden Joko Widodo

VIVA Bisnis – Putra bungsu Presiden Joko WIdodo (Jokowi), Kaesang Pangarep akan melangsungkan pernikahan hari ini, Sabtu, 10 Desember 2022 dengan pujaan hatinya Erina Gundono.

Bukan Cuma Sekali, Ini Sederet Kontroversi Bisnis Ustaz Yusuf Mansur

Akad nikah Kaesang dan Erina akan dilangsungkan di Hotel Royal Ambarukmo Yogyakarta. Sedangkan resepsi digelar keesokan harinya di Puro Mangkunegaran, Solo.

Kaesang sendiri di umur 27 tahun ini sudah mencapai kesuksesan. Hal itu dibuktikan dengan berbagai bisnis yang dimilikinya saat ini, Kaesang juga telah memborong saham senilai Rp 92 miliar atau nilai itu melampaui total harga yang dimiliki Jokowi yang hanya sebesar Rp 63 miliar.

Penjelasan Pria yang Nekat Terobos Paspampres untuk Dekati Jokowi

Berikut daftar sumber kekayaan dan kerajaan bisnis Kaesang:

1. Sang Pisang

Calon suami Erina Gunando ini memiliki bisnis usaha kuliner yang sudah dirintis sejak akhir November 2017. Hingga saat ini bisnis tersebut sudah memiliki 50 gerai di seluruh Indonesia.

Dirut Buka-bukaan Strategi Pertamina Jaga Ketahanan Energi dan Lingkungan di IPA 2024, Simak!

Bisnis pisang Kaesang ini menjual berbagai varian rasa seperti tiramisu almond, avocado milo, vanilla koko krunch, dan choco cheese.

2. Ternakopi

Anak bungsu Presiden ini juga memiliki bisnis kopi dengan nama Ternakopi. Kaesang dalam mendirikan bisnis ini bertujuan untuk pelanggan yang meminum kopi namun terhalang dengan kondisi lambung.

Dengan itu, dia mendirikan bisnis Ternakopi ini untuk membuat kopi yang aman di lambung. Untuk kopi yang dijual Kaesang ini sebesar Rp 20 ribu per botol.

3. Mangkok Ku

Selanjutnya, Kaesang juga memiliki bisnis di bidang makanan berat. Bisnis ini dijalankannya bersama Chef Arnold, dan Randy Kartadinata. Hidangan yang dijual Kesang menawarkan hidangan kualitas profesional makanan dalam bentuk rice bowl.

Tak hanya itu, baru-baru ini juga Mangkok Ku telah mengumumkan pendanaan Seri A sebesar US$7 juta atau Rp 101 miliar, yang dipimpin oleh Alpha JWC Ventures dan Emtek dengan partisipasi dari Cakra ventures.

4. Sang Javas

Calon pengantin ini juga memiliki bisnis fesyen. Di mana Kaesang menjual kaos bermerk Sang Javas yang bertemakan kecebong.

Kecebong dipilihnya, sebab sebagai salah satu hewan yang memiliki nilai filosofis mendalam sebagai simbol metamorfosa.

5. Komisaris Rans Entertainment

Perusahaan yang didirikan Raffi Ahmad dan istri Nagita Slavina ini secara resmi mengumumkan Kaesang sebagai komisaris di RANS Entertainment Jumat, 29 Oktober 2022.

Kaesang mengatakan, dirinya bersedia menjabat sebagai komisaris di RANS lantaran sejalan dengan latar belakangnya yang juga tumbuh di industri kreatif.

6. Madhang Indonesia

Putra bungsu Presiden juga menekuni bisnis startup makanan rumahan. Binsis online itu diberi nama Madhang.id dan telah merambah seluruh pelosok negeri.

Bahkan untuk memperluas mitra bisnisnya, Kaesang menggandeng perusahaan transportasi online ternama Grab.

7. Truz

Bisnis lainnya yang dimiliki Kaesang adalah kaos khusus bagi penggemar skateboard. Produk fesyen yang dijualnya secara online itu, seperti kaos lengan pendek, kaos lengan panjang, jaket, jumper.

8. Hompimpa Games

Hompimpa Games merupakan bisnis kolaborasi abang-adek, Gibran dan Kaesang. Hompimpa merupakan penerbit dan pengembang board game dan card game yang didirikan pada pertengahan 2017. Kontennya fokus pada tema Nusantara dan nilai-nilai baik Indonesia.

9. Siap Mas

Adik wali kota Solo ini juga memiliki bisnis lain di bidang cemilan dan minuman. Gibran dan Kaesang memasarkan produk Keripik dan Nge-drink yang dikenalkan kepada publik tepat pada 17 Agustus 2019.

Kemripik berasal dari bahasa Jawa yang artinya renyah garing. Makanan ringan dan minuman kemasan siap saji ini dijual di minimarket.

10. Let's Toast

Bisnis kuliner lainnya yaitu, Let's Toast yang saat ini sudah berada di 29 outlet di Jakarta, Tangerang, dan Bali.

Let's Toast menjual menu makanan berbahan dasar roti. Dia meyakini bisnis ini akan viral seperti para kompetitornya.

11. Enigma Camp

Di tengah perkembangan teknologi saat ini. Kaesang turut mendirikan bisnis pelatihan programing, bagi yang ingin mempelajari ilmu IT dengan biaya terjangkau.

12. SKI Capital Partners

Kalau Madhang menjembatani penghobi masak dengan pembeli, perusahaan yang dirintis Kaesang, ini menjembatani calon pebisnis yang  tidak memiliki modal untuk bisnis dan mengembangkan usaha.

13. Markobar

Markobar adalah bisnis martabak premium dengan topping beragam. Mulaya bisnis ini dirintis oleh Gibran, namun saat ini Markobar dikelola oleh Kaesang.

Markobar merupakan singkatan dari Martabak Kota Barat, yang telah dirintis sejak 2015 dan kini telah tersebar di banyak kota di Indonesia.

14. Yang Ayam

Kaesang juga memiliki bisnis kuliner yang berbahan dasar ayam. Yang Ayam ini menarik banyak perhatian karena harga murah dan tasa tidak kalah enak dengan restoran ternama. Ayam yang dijual Kaesang dibanderol mulai dari Rp 10.000.

15. Goola

Goola menjadi salah satu bisnis kios minuman tradisional yang menawarkan empat seri menu, yakni Signature (unggulan), Tea (teh), Coffee (kopi), dan Refreshing (minuman segar).

Sebagai startup pemula, Goola sempat bikin heboh karena disuntik modal sekitar US$5 juta atau Rp 71 miliar oleh Alpha JWC Ventures.

Padahal, Alpha JWC Ventures bukan pertama kalinya memberikan suntikan modal untuk bisnis minuman. Sebelumnya Kopi Kenangan juga mendapatkan suntikan modal mencapai US$8 juta.

16. Saham Rakyat

Kaesang juga ikut merambah ke saham dan pasar modal. Dia saat ini menjabat sebagai founder Saham Rakyat. Saham Rakyat sendiri merupakan aplikasi jual beli saham, dan sudah memiliki nasabah hingga saat ini sebanyak 80 ribu.

17. PT Persis Solo

Kaesang tercatat sebagai pemegang saham terbesar klub asal Solo bernama Persis Solo. Dengan kepemilikan saham sebesar 40 persen. Dan sisanya Direktur PT Plevia Makmur Abadi Kevin Nugroho 30 persen saham dan Erick Thohir 20 persen saham, 10 persen sisanya masih dimiliki oleh pendirinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya