Libur Nataru, Trafik Kendaraan di Tol Astra Infra Diproyeksi Naik 13 Persen

Suasana di ASTRA Tol Tangerang-Merak
Sumber :
  • VIVA/Lutfi

VIVA Bisnis – Astra Infra memperkirakan, pada momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), bakal terjadi terjadi peningkatan trafik kendaraan sebesar 13 persen. Peningkatan itu terjadi di seluruh ruas tol yang dikelola oleh perusahaan.

Strategi PLN Bikin Pelanggan Maksimalkan Layanan Mobile

Selain karena banyak masyarakat yang keluar kota, Chief Executive Astra Infra Solutions Ega N Boga mengatakan, ada juga kemungkinan mobilisasi wisata akan terjadi pada ruas-ruas tol dalam kota dan luar kota.

"Hal ini tentunya akan bervariasi di masing-masing ruas jalan tol yang kita kelola," ujar dalam temu media secara virtual di Jakarta, Selasa, 13 Desember 2022.

Gagal Nanjak, Nissan March Jalan Mundur hingga Terperosok ke Semak-Semak

Dia menjelaskan, untuk Tol Semarang-Solo, kemudian Mojokerto-Kertosono, Surabaya, serta Pandaan-Malang, terlihat bahwa kecenderungannya terjadi pada periode Hari Natal dan Tahun Baru. Karena memang secara histori pergerakan dari Semarang ke Bawen dan wilayah sekitarnya banyak terjadi pada periode tersebut.

ilustrasi kemacetan di Tol Cipali.

Photo :
  • Dok. Astra Infra
HUT Jakarta ke-497, Heru Budi: Perayaan Terakhir Sandang Status Ibu Kota Negara

"Menurut analisa kita, kita memproyeksikan untuk pergerakan Natal akan lebih terjadi pada H-3 Natal atau 22 Desember dan bergerak hingga Sabtu 24 Desember. Bahkan di titik Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) akan ada peningkatan pada Natal," katanya.

Adapun untuk titik kepadatan diperkirakan terjadi pada Tol Tangerang-Merak di Gerbang Tol (GT) Cikupa, GT Serang Timur, dan GT Merak. Sedangkan titik kepadatan di Tol Cikopo-Palimanan kemungkinan akan terjadi menjelang Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP).

Sementara iutu, titik kepadatan di Tol Semarang-Solo diperkirakan terjadi pada intersection Bawen, lalu untuk Tol Jombang-Mojokerto diperkirakan terjadi kepadatan pada Exit Tol Bandar - Persimpangan Mengkreng. Untuk Tol Pandaan-Malang, kepadatan kemungkinan terjadi pada Exit Tol dan simpang underpass Singosari.

Terkait dengan persiapan momen libur Natal dan Tahun Baru, Astra Infra melalui 8 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yaitu Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan, Jombang-Mojokerto, Semarang-Solo, Surabaya-Mojokerto, Pandaan-Malang, Kunciran-Serpong, dan Kebon Jeruk-Ulujami, telah melakukan persiapan yang menyeluruh untuk melayani pengguna jalan tol.

Chief Executive Astra Infra Solutions Ega N Boga.

Photo :
  • Antara.

Dalam kesempatan sama Group COO AstraInfra Kris Ade Sudiyono mengatakan pada momen Nataru ini pihaknya telah menyiapkan dukungan teknologi yang memfokuskan pada kemudahan akses informasi untuk publik dan live report di lokasi-lokasi strategis tol Astra Infra, serta memonitor seluruh area dengan teknologi surveillance selama 24 jam serta tim pendukung kan bereaksi berdasarkan pantauan teknologi tersebut.

Optimalisasi layanan operasional maupun infrastruktur telah disiapkan untuk mendukung keselamatan berkendara di jalan tol. Periode Natal-Tahun Baru tahun ini pihaknya telah menyiapkan petugas khusus yang berjumlah lebih dari 1.300 personel. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya