Hipmi Bantu Ringankan Beban Korban Kebakaran Dahsyat di Ambon

Sedikitnya dua orang tewas dalam peristiwa kebakaran ratusan kios dan rumah di kawasan Lorong Tahu, Ambon, Maluku.
Sumber :
  • ANTARA/daniel.

VIVA Bisnis – Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Provinsi Maluku melalui Hipmi Peduli kembali menyalurkan bantuan sosial (bansos) tahap II kepada para korban terdampak kebakaran dahsyat di kawasan Mardika, Kelurahan Rijali, Kota Ambon. Peristiwa itu diketahui menyebabkan ratusan bangunan terbakar hingga adanya dua korban jiwa dan ratusan warga mengungsi.

Banyak Ledakan Kecil Sempat Jadi Kendala Damkar Padamkan Kebakaran Asrama Polsek Balaraja

Koordinator Aksi Hipmi Peduli Maluku, Fahrul Kaisuku, mengatakan, bansos tahap II ini berupa 1/2 ton beras, sembako, kebutuhan anak-anak seperti diapers dan perlengkapan sekolah, biskuat, gabeng, tikar, kasur, serta kebutuhan mandi-cuci.

“Sejumlah bantuan logistik dan sembako tersebut diangkut menggunakan dum truck dan disalurkan langsung ke Posko Penanganan Korban Kebakaran di Mardika,” kata Fahrul dalam keterangan tertulis, Senin 19 Desember 2022.

Asrama Polsek Balaraja Hangus Terbakar, Diduga Korsleting Listrik

Dia menjelaskan, sebelumnya, bantuan tahap I telah disalurkan BPD HIPMI Provinsi Maluku melalui Hipmi Peduli pada 14 Desember 2022, yang langsung diterima oleh penanggung jawab Posko Terpadu, Alham Valleo. Bansos itu berupa pakaian layak pakai, satu ton beras, kebutuhan anak-anak (diapers/pampers), kebutuhan mandi dan cuci dan obat-obatan atau vitamin.

Sementara itu, Ketua Umum BPD Hipmi Provinsi Maluku, Azis Tunny, mengatakan, penyaluran bantuan tahap I dan tahap II melalui Hipmi Peduli ini merupakan bentuk solidaritas dan kepekaan sosial para kader Hipmi terhadap musibah yang terjadi.

Ledakan Tabung Gas, Rumah Makan dan 4 Lapak Buah Hangus Terbakar

Bantuan yang diberikan dalam berbagai bentuk itu sebisa mungkin sesuai dengan kebutuhan para korban. Makanya saya arahkan agar bantuan sosial yang disalurkan harus sesuai dengan kebutuhan para korban,” ungkap Tunny,” tuturnya.

Diharapkan Bisa Meringankan Beban 237 KK yang Mengungsi

Dia berharap, bantuan sosial yang disalurkan dapat meringankan beban dari para korban kebakaran. Koordinator Posko Terpadu di kawasan Mardika Kota Ambon, Mama Nurain, saat menerima rombongan BPD Hipmi Maluku menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran Hipmi Maluku dan Hipmi Pusat.

“Terima kasih kepada ketua umum BPD Hipmi Maluku dan ketua umum BPP Hipmi. Kami telah menerima bantuan tahap II dan telah disalurkan langsung kepada warga atau korban yang berhak menerima,” singkat dia.

Untuk diketahui, kebakaran itu menghanguskan ratusan bangunan berupa rumah, kos-kosan dan kios pada Jumat, 9 Desember 2022, sekitar pukul 03.00 Wit dini hari. Juga dilaporkan dua orang meninggal dunia dan sebanyak 237 kepala keluarga mengungsi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya