Tarif Taksi Blue Bird Tahun Ini Tak Naik? Begini Penjelasan Dirut

Direktur Utama PT Blue Bird Tbk, Sigit Djokosoetono.
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA Bisnis – Manajemen PT Blue Bird Tbk memastikan belum akan menaikkan tarif layanan jasanya di awal tahun 2023 ini. Direktur Utama PT Blue Bird Tbk, Sigit Djokosoetono menjelaskan, kebijakan penyesuaian tarif itu sebenarnya sudah dilakukan oleh pihaknya, ketika ada kenaikan harga BBM pada tahun 2022 lalu.

Luhut Binsar Pandjaitan Bocorkan BBM Pengganti Pertalite

"Dengan kenaikan BBM yang terjadi di tahun lalu, kita sudah menyesuaikan tarif kita dan kita sesuaikan tarif kita sesuai dengan perkembangan pergerakan mobilitas, jadi bertahap kita sesuaikan," kata Djoko saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis, 9 Februari 2023.

"Jadi (penyesuaian tarif) itu sudah berjalan, dan terakhir kita mengumumkan perubahan platform di awal Desember, itu juga sudah kita sesuaikan," ujarnya. 

Beli BBM di SPBU Pertamina Hari Ini Dapat Promo

Bluebird.

Photo :
  • Anisa Aulia/VIVA.

Mengenai dampak dari penyesuaian tarif tersebut kepada para konsumen Garuda Indonesia, Djoko mengaku hal itu tidak terlalu berpengaruh. Alasannya, karena para konsumen Blue Bird sendiri menurutnya telah memahami terkait dampak dari kenaikan harga BBM tersebut. 

Brigadir Ridhal Ali Diduga Setor ke Kapolres, Madinah Diterjang Banjir Bandang

"Jadi kita melihat tanggapannya tetap positif, karena customer juga melihat kebutuhan itu kenaikan (tarif) itu kita benar-benar 'passed on' untuk mengisi BBM, yang sebenarnya menjadi beban banyak bagi pengemudi," kata Djoko.

Saat ditanya apakah ada pengaruh ke aspek permintaan layanan jasa dengan adanya kenaikan harga tarif sejak tahun lalu itu, Djoko memastikan juga tidak ada perubahan berarti dengan kebijakan Blue Bird menaikkan tarif tersebut.

"Dari sisi demand, tidak ada perubahan karena kita lihat mobilitas tetap dibutuhkan. Tapi tentunya pasti ada beberapa customer yang juga harus melakukan penyesuaian, tapi saya yakin itu hanya sementara seperti yang sering terjadi ketika ada perubahan (tarif)," kata Djoko.

"Karena kita fokus bukan kepada harga, tapi fokus kepada pelayanan. Jadi dengan adanya kenaikan harga, kita tentu harus memperbaiki pelayanan dengan lebih baik. Tentu seperti kendaraan yang lebih baik, peremajaan kendaraan, sehingga fokusnya bukan kepada harga tinggi atau murah," ujarnya. 

Diketahui, saat ini tarif taksi Blue Bird adalah Rp 4.100 per km untuk tarif awal, tarif buka pintu Rp 7.000, dan Rp 48.000 per jam untuk tarif tunggu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya