Jokowi Minta Solusi Segera soal Depo BBM Plumpang, Ini Kata Dirut Pertamina

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati
Sumber :
  • Pertamina

VIVA Bisnis – Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyatakan, pihaknya akan segera menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), untuk mencari solusi atas depo Bahan Bakar Minyak (BBM) Plumpang. Karena dari dekatnya depo BBM dengan pemukiman warga telah menyebabkan kebakaran hebat hingga menewaskan belasan masyarakat.

Soal Usulan Jokowi Jadi Penasihat Prabowo, Pengamat Bilang Begini

Nicke mengatakan, Pertamina akan segera menindaklanjuti arahan tersebut dengan berkoordinasi ke pihak-pihak terkait.

"Kami akan segera evaluasi dan koordinasi dengan Kementerian BUMN dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mencari solusi terbaik," kata Nicke dalam keterangannya dikutip Senin, 6 Maret 2023.

UKT Naik Dinilai Ancam Generasi Emas Indonesia, Jokowi Diminta Turun Tangan

Nicke menjelaskan, saat ini Pertamina tengah memprioritaskan bantuan untuk para korban dan keluarga yang terdampak. Pertamina jelasnya, berkomitmen akan menanggung biaya pengobatan, santunan dan bantuan yang dibutuhkan warga terdampak.

Presiden Jokowi usai temui Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden
Sri Mulyani Menghadap Jokowi Bahas Kasus Viral Bea Cukai

Sebelumnya, Presiden Jokowi usai meninjau lokasi pengungsian memberikan arahan untuk segera mencari solusi terkait insiden Terminal BBM Plumpang, Jakarta Utara. Presiden menginstruksikan untuk segera melakukan evaluasi pada fasilitas yang memiliki potensi bahaya namun dekat dengan pemukiman warga.

"Saya sudah perintahkan kepada Menteri BUMN dan juga Gubernur DKI untuk segera mencari solusi dari kejadian yang terjadi di Plumpang. Terutama karena ini memang zona yang bahaya, tidak bisa lagi ditinggali, tetapi harus ada solusinya," ujar Jokowi.

Seperti diketahui, kebakaran hebat melanda Depo Pertamina Plumpang di Koja, Jakarta Utara pada Jumat, 3 Maret 2023 malam. Dugaan sementara, Depo Pertamina Plumpang terbakar akibat tersambar petir.

"Informasi yang diterima, dugaan awal [akibat] tersambar petir," kata Kepala Seksi Operasi Pemadam Kebakaran Jakarta Utara Abdul Wahid saat dikonfirmasi wartawan pada Jumat malam.

RS Polri telah menerima 15 kantong jenazah dari peristiwa kebakaran itu. Dari 15 kantong itu, terdapat  9 jenazah laki-laki dan 5 perempuan serta satu body part (bagian tubuh).

Sejauh ini, tim Disaster Victim Identification (DVI) telah mengidentifikasi dua jenazah korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang. Kedua korban itu teridentifikasi berdasarkan sidik jari.

Kapusinafis Bareskrim Polri, Brigjen Pol Mashudi  mengatakan, dua korban yang teridentifikasi itu masing-masing berjenis bernama Fahrul Hidayatulah dan Muhammad Bukhori.

"Dari kantong 007 RS Polri, kami berhasil mengambil sidik jari dari jari tengah kanan. Alhamdulillah bisa kami identifikasi atas nama Fahrul Hidayatulah, umur 28 tahun. Kemudian satu lagi dari jenazah kantong 004 RS Polri, kami mengambil perbandingan dari jempol kanan dan bisa kami identifikasi atas nama Muhammad Bukhori umur 41 tahun," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya