Tol Tangerang-Merak Rusak Parah, BPJT Ungkap Biang Keladinya

Kemacetan Parah Pemudik menuju Pelabuhan Merak di Jalan tol Tangerang-Merak.
Sumber :
  • VIVA/Yandi Deslatama

VIVA Bisnis – Jalan tol Tangerang Merak yang rusak dan berlubang, sejak KM52 hingga KM60, ditegaskan bukan disebabkan oleh pekerjaan pelebaran jalan tol yang dikelola oleh Astra Infra Toll Road. 

Mobil Dinas Polri Terlibat Kecelakaan di Tol MBZ, Ini Kata Polda Metro

Melainkan, karena curah hujan dan kendaraan besar yang melintasinya. Sehingga masyarakat diminta lebih berhati-hati saat melintasi jalan tersebut.

"Ada beberapa faktor penyebab kerusakan jalan, cuaca dan kendaraan overload," ujar Sekretaris Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Kementrian PUPR, Triono Junoasmono, di Dermaga Ekskrutif Merak, dikutip Selasa, 7 Maret 2023.

Evaluasi Mudik Lebaran 2024, Jokowi Minta Sistem Bayar Tol Tanpa Tapping

Lebih lanjut dia menjabarkan, pelebaran Jalan Tol Tangerang Merak hingga ruas Serang Timur ditargetkan rampung akhir Maret ini. Sedangkan perbaikan jalan berlubang, konsumen tol milik Astra Grup itu harus lebih bersabar, karena ditargetkan rampung pada April 2023.

Kondisi arus kendaraan di Tol Tangerang-Merak

Photo :
  • Istimewa
Awas! Oli Tumpah di Jalan Juanda Depok, Pengendara Diimbau Waspada

Selama proses pelebaran jalan serta perbaikan jalan rusak maupun berlubang, masyarakat yang sudah membayar untuk melintasi jalan tol, harus lebih bersabar dan berhati-hati saat melakukan kendaraannya.

"jalan tol ini pelebarannya akan kami selesaikan maksimum di akhir Maret ini, akan selesai semuanya. Kemudian untuk perbaikan lubang-lubang, kami akan selesaikan mudah-mudahan di awal April. Jadi lubang yang sekarang akan kami tindaklanjuti maksimum 2x24 jam, namun permanennya akan selesai di awal April," jelasnya.

Rest area tambahan yang berfungsi untuk menahan laju kendaraan menuju Pelabuhan Merak akan dibangun sementara di KM97A atau hanya 1KM sebelum Gerbang Tol (GT) Merak. Jika antrean pemudik menuju pelabuhan di ujung barat Pulau Jawa itu sudah penuh, maka kendaraan akan di masukkan ke rest area tersebut.

Polisi mengatur lalu lintas di salah satu gerbang tol Jakarta-Merak.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

Di situ, pemudik bisa beristirahat sekaligus memberi tiket online untuk menyeberangi Selat Sunda, agar bisa sampai di Pulau Jawa.

"Ini lah upaya kita nanti, jika sebelumnya tidak ada kantong parkir semuanya menunggu antrean dari pelabuhan mengekor sampai ke jalan tol, sekarang bisa terurai dengan delaying sistem. Mereka akan kita masukan ke kantong parkir 1, 2 dan 3, ini dimanfaatkan untuk mengurangi antrean," ujar Kakorlantas Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi, di Dermaga Eksekutif Merak, Kota Cilegon, Banten.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya