Fluktuasi Harga Komoditas Pengaruhi IHSG, Ini Rekomendasi Sahamnya

Monitor elektronik IHSG
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA Bisnis – Indeks harga saham gabungan atau IHSG menguat 45 poin atau 0,69 persen di level 6.687, pada pembukaan perdagangan Rabu, 15 Maret 2023.

Bisnis Kuliner Menggeliat, Laba Emiten Paperock Melesat Hampir 300%

CEO PT Yugen Bertumbuh Sekuritas, William Surya Wijaya, memprediksi bahwa IHSG memiliki potensi untuk menguat pada perdagangan hari ini. "Hari ini IHSG berpotensi menguat," kata William dalam riset hariannya, Rabu, 15 Maret 2023.

Dia menjelaskan, fluktuasi harga komoditas menjadi salah satu faktor yang memberikan pengaruh terhadap pola gerak emiten dalam IHSG. "Sehingga hal ini juga turut memberikan sentimen terhadap emiten-emiten yang berkaitan dengan harga komoditas," ujar William. 

Harga Terus Terkoreksi, 4 Saham Bank Papan Atas Ini Layak Dikoleksi

Papan indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia.

Photo :
  • ANTARA FOTO/OJT/Feronike Rumere

Namun, stabilnya perekonomian nasional yang terlihat dari data-data terlansir, juga dapat memberikan sentimen yang bisa menopang pola gerak IHSG 

2,2 Juta Ton Beras Impor Sudah Masuk RI Sejak Awal 2024

Sedangkan, jelang rilis data perekonomian neraca perdagangan pada hari ini, yang disinyalir masih berada dalam kondisi stabil, hal ini tentunya akan turut memberikan sentimen bagi pergerakan IHSG.

"IHSG diprediksi bergerak dalam level 6.636-6.789," ujarnya.

Selain itu, Dia juga memberikan sejumlah rekomendasi mengenai saham-saham yang dapat dicermati pada perdagangan hari ini, diantaranya yakni ASII, AALI, UNVR, JSMR, HMSP, BBNI, BBRI, BBCA, ASRI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya