Timor Leste Bakal Disahkan Jadi Negara ASEAN pada September 2023

Ilustrasi Bendera Negara ASEAN.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay'

VIVA Bisnis – Timor Leste tahun ini akan diresmikan sebagai anggota negara ASEAN yang ke-11. Tepatnya, pengesahan akan dilakukan pada September 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Hal itu diungkapkan oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyo.

Penjualan Mobil Diprediksi Menurun, Dampak BI Rate

"Tahun ini 11 negara ASEAN, Timor Leste akan di-officially sebagai member saat (ASEAN) summit di September di Labuan Bajo," kata Dody di Nusa Dua, Bali, Senin, 27 Maret 2023.

Delegasi Timor Leste Bakal Hadir Fisik pada Pertemuan Jalur Keuangan Negara-negara ASEAN

Bank Indonesia: Modal Asing Masuk Rp 22,84 Triliun Imbas Kenaikan Suku Bunga

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyo.

Photo :
  • Anisa Aulia/VIVA.

Dody mengatakan, delegasi Timor Leste akan hadir secara fisik juga pada pertemuan jalur keuangan negara-negara ASEAN 28-31 Maret 2023 di Bali.

Genjot Inovasi Sistem Keuangan Digital, BI Dorong Kolaborasi Global

"(Timor Leste) akan jadi peserta pertemuan di minggu ini. Itu fakta dan sebagai tantangan mencapai masyarakat ekonomi ASEAN 2023," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Indonesia sebagai Ketua ASEAN 2023 tengah mempersiapkan peta jalan untuk keanggotaan penuh Republik Demokratik Timor Leste di dalam Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) itu.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan hal itu saat menerima kunjungan resmi Perdana Menteri Republik Demokratik Timor Leste Taur Matan Ruak di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin.

"Timor Leste secara prinsip telah diterima sebagai anggota ASEAN. Roadmap untuk keanggotaan penuh sedang dipersiapkan dipimpin oleh Indonesia sebagai Ketua ASEAN saat ini," kata Presiden Jokowi.

Selain membahas isu bilateral, Presiden Jokowi menyinggung keanggotaan Timor Leste sebagai negara anggota ke-11 ASEAN. Presiden Jokowi pun menyatakan kegembiraannya karena Timor Leste secara prinsip sudah diterima menjadi anggota ASEAN sesuai dengan hasil KTT ASEAN di Kamboja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya