Petinggi GoPay Jabarkan Tantangan Pembangunan Sistem Pembayaran di 11 Negara ASEAN

Managing Director GoPay Budi Gandasoebrata.
Sumber :
  • VIVA/Anisa Aulia

VIVA Bisnis – Pembangunan sistem pembayaran di 11 negara ASEAN diakui memiliki sejumlah tantanganManaging Director GoPay Budi Gandasoebrata mengungkapkan, tantangan pembangunan atau konstruksi konektivitas yang pertama adalah terkait koordinasi.

Hadiri Digital and Intelligent APAC Congress 2024, Dave Laksono Bicara Infrastruktur Digital

"Tantangan pertama koordinasi, tapi kelihatannya dengan acara ini memang koordinasi high level dari sisi regilator sudah ada," ujar Budi di Nusa Dua, Bali, Selasa, 28 Maret 2023. 

Ilustrasi Bendera Negara ASEAN.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Bea Cukai Magelang Bergerak Kampanyekan Gempur Rokok Ilegal

Selanjutnya, standar kebijakan yang akan digunakan harus memiliki kesepakatan dari regulator. Hal itu untuk mendukung interkonektivitas dan interoperabilitas sistem pembayaran. 

Budi melanjutkan, tantangan kedua yakni implementasi. Sebab menurutnya, masing-masing perusahaan infrastruktur di setiap negara perlu melakukan interkonektivitas sesuai dengan standar yang ditetapkan. 

Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto: Kami Siap Berantas Korupsi

Pun, menurut Budi, setelah implementasi itu dilakukan, tantangan ada pada sosialisasi. Sosialisasi perlu dilakukan agar implementasi dapat berjalan dengan lancar.

"Implementasi tentunya bagaimana kita sosialisasi ke pengguna misalnya wisatawan Indonesia keluar negari atau dari Malaysia, Singapura datang ke Bali. Bagaimana kita bisa sosialisasi dan juga promosi kalau cross border payment itu sudah bisa digunakan," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya