BRI Danareksa Sekuritas Selesaikan Puluhan Penjaminan Emisi dan Obligasi pada 2022, Totalnya Rp 80 T

BRI Danareksa Sekuritas.
Sumber :
  • Dokumentasi BRI Danareksa Sekuritas.

VIVA Bisnis – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) melalui BRI Danareksa Sekuritas (BRIDS) dan entitas asosiasi PT Danareksa (Persero), hingga kini tercatat sudah menyelesaikan puluhan penjaminan emisi saham dan obligasi. Dengan, total nilai emisi mencapai sebesar Rp 80 triliun.

Lupa PIN Mobile Banking? Tenang Aja, Ini Langkah Praktis buat PIN Baru Melalui Aplikasi BRImo

"Capaian tersebut menjadikan BRIDS sebagai salah satu penjamin emisi (underwriter) unggulan di Indonesia pada tahun 2022," kata Direktur Utama BRIDS, Laksono Widodo, dalam keterangannya, dikutip Jumat, 31 Maret 2023.

BRIDS berhasil meraih pangsa pasar sebesar 8,50 persen untuk penjaminan obligasi, yang menempatkannya pada peringkat kelima underwriter obligasi teraktif di Indonesia pada tahun 2022. Sedangkan untuk aktivitas penjaminan saham di tahun 2022, BRIDS berhasil memperoleh pangsa pasar sebesar 5,15 persen.

Produsen Semen Merah Putih Jamin Terapkan Bisnis Berkelanjutan dari Produksi hingga Distribusi

"Sehingga menempatkan BRIDS pada peringkat keenam untuk underwriter penjaminan saham di Indonesia," ujarnya.

Laksono mengungkapkan, sepanjang tahun 2022, BRIDS mampu menyelesaikan sebanyak 33 penjaminan emisi obligasi, atau naik 37 persen dibandingkan 24 penjaminan emisi pada 2021. Di mana, total nilai emisi yang naik signifikan sebesar 64 persen, menjadi Rp 71,6 triliun dibandingkan Rp43,6 triliun pada 2021.

Ini Langkah BRI Perkuat Keamanan Digital dari Serangan Siber

Di sisi lain, lanjut Laksono, BRIDS juga mampu menyelesaikan sebanyak 4 penjaminan emisi efek, berupa penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO) dengan total nilai emisi Rp 8,8 triliun.

Gedung BRI II, Bank Rakyat Indonesia

Photo :
  • vivanews/Andry

"Sebagai pioneer penyedia layanan Investment Banking di Indonesia, kami berkomitmen untuk mendukung klien kami dalam menyukseskan penggalangan dana di pasar modal melalui berbagai layanan yang komprehensif," kata Laksono.

Beberapa deal yang diselesaikan oleh BRIDS juga mendapatkan pengakuan internasional, yakni penerbitan Green Bond BRI senilai Rp 5 triliun sebagai Best ESG Financing of The Year in Indonesia 2022. Kemudian ada pula penerbitan Sukuk PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk senilai Rp 3,2 miliar, sebagai Best Local Currency Sukuk of The Year in Indonesia 2022. Serta, penerbitan Sukuk Global Pemerintah Indonesia senilai US$3,5 miliar sebagai Best Islamic Finance Deal 2022.

"BRIDS akan menangani beberapa IPO perusahaan yang bergerak dalam beragam sektor, seperti industri keuangan, manufaktur, hingga IPO dari sektor energi yang digadang-gadang akan menjadi IPO terbesar di Indonesia," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya