Pencegah Kebisingan di Proyek Kereta Cepat Dipasang Sepanjang 60 Km

Sound barrier atau pencegah kebisingan di proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung mulai dipasang.
Sumber :
  • Dok. PT KCIC.

VIVA Bisnis – Kereta Api Cepat Jakarta Bandung (KCJB) menggunakan sound barrier atau pencegah kebisingan, untuk menghalau emisi suara yang dihasilkan oleh operasional KCJB. Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan, pemasangan sound barrier ini merupakan salah satu langkah KCIC untuk menerapkan konsep layanan KCJB yang ramah lingkungan.

20,000 Whoosh Tickets Sold on the Ascension of Jesus Christ Holidays

"KCIC akan terus memperhatikan kenyamanan serta kepedulian pada lingkungan yang dilalui oleh trase KCJB," kata Dwiyana dalam keterangannya, Jumat, 5 Mei 2023.

Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Photo :
  • AP Photo/Dita Alangkara
20 Ribu Lebih Tiket Whoosh Ludes Terjual pada Long Weekend Kenaikan Yesus Kristus

Dia menambahkan, kehadiran KCJB di Indonesia diharapkan dapat berlangsung dengan lancar, tanpa menimbulkan ketidaknyamanan di tengah-tengah masyarakat.

"Tidak hanya fokus di operasional, KCIC juga selalu memperhatikan keberlangsungan wilayah yang dilalui oleh KCJB. Dengan dipasangnya sound barrier tersebut, kenyamanan dan ketenteraman lingkungan sekitar trase KCJB tidak akan terganggu oleh suara kereta api cepat yang melintas," ujar Dwiyana.

KCIC Minta Maaf Kecepatan Whoosh Dikurangi karena Hujan Deras

KCJB akan dioperasikan dengan mematuhi Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. KEP-48/MENLH/11/1996 tentang Baku Tingkat Kebisingan di mana disebutkan bahwa tingkat kebisingan di sekitaran pemukiman maksimal 55 desibel (db). Selain itu, WHO menetapkan bahwa kebisingan yang sudah melebihi 65db sudah termasuk dalam kategori polusi suara.

Dwiyana memastikan, KCJB sendiri saat beroperasi akan menghasilkan suara dengan tingkat kebisingan di angka 49 s.d 69 db. Untuk mencapai standar yang ditetapkan Kementerian Lingkungan Hidup dan WHO, maka dilakukan pemasangan sound barrier berbahan acrylic untuk mengurangi kebisingan sebesar 30db.

"Setelah dilakukan pemasangan sound barrier, maka tingkat kebisingan KCJB menjadi 19-39 db," kata Dwiyana.

Sepanjang trase KCJB terdapat 60 km sound barrier yang akan dipasang pada jalur yang dekat dengan pemukiman. Produksi materialnya sendiri telah selesai 100 persen yang dilanjutkan saat ini berprogres untuk pemasangannya. Proses pemasangan terus dikebut pengerjaannya dengan tetap memastikan ketelitian dan keamanannya.

"Keberadaan Kereta Api Cepat pertama di Indonesia ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi banyak orang dengan tetap memperhatikan sustainability dari wilayah yang dilalui. Dipasangnya sound barrier ini akan mengurangi gangguan atau polusi suara yang ada sehingga seluruh masyarakat di trase KCJB tetap dapat beraktivitas dengan nyaman," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya