BKI Gandeng Badan Klasifikasi Yunani untuk Tingkatkan Keselamatan Kapal serta Maritim Tanah Air

Ilustrasi kapal besar
Sumber :
  • U-Report

Jakarta – PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) atau BKI sebagai induk holding BUMN jasa survei atau IDSurvey menjalin kerja sama dengan International Naval Surveys Bureau (INSB Class) yang merupakan biro klasifikasi kapal berniaga Yunani

Perum Perhutani Komitmen Genjot Integritas Demi Upaya Transformasi BUMN

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) yang dilakukan di kontor pusat INSB Class yang bertempat di Piraeus, Yunani belum lama ini.

Hadir sebagai perwakilan BKI dalam penandantangan tersebut adalah Arisudono selalu Direktur Utama IDSurvey, beserta jajarannya. Arisudono mengatakan bahwa tujuan kerja sama dengan INSB Class adalah untuk meningkatkan keselamatan kapal dan inovasi kelautan, dengan meningkatkan kualitas kapal beserta awaknya, dan juga pengembangan penelitian terkait pelayaran.

Hutama Karya Catat Kontrak Baru Senilai Rp 4,05 Triliun pada Kuartal I-2024

"Kami (BKI) senang bisa menjalin kerjasama dengan INSB Class untuk bersinergi dalam jangka panjang, yang dapat memungkinkan BKI memperkuat seluruh aspek maritim Indonesia, termasuk memperluas jangkauan dan meningkatkan peraturan kelautan serta aksesibilitas BKI," kata Arisudono dikutip dalam keterangan tertulis, Minggu, 23 Juli 2023.

Dirut IDsurvey Arisudono.

Photo :
  • Dokumentasi IDSurvey.
12 Tim Ramaikan Indonesia Re Unity Cup, Kompetisi Futsal dengan Nilai Sportivitas dan Kebersamaan

"Kami melihat kerja sama ini sebagai proyek bernilai tinggi yang dapat membantu kedua organisasi menghadapi tantangan dan peluang bisnis secara lebih efektif, dengan memanfaatkan profil dan reputasi perusahaan, serta mendorong pengembangan bakat dan program teknis yang kooperatif," sambungnya.

Sementara itu, Pantelis Chinakis Glaras selaku President and Managing Director INSB Class mengatakan bahwa kerja sama ini merupakan pencapaian positif dan langkah maju yang penting, terutama dalam memperkuat hubungan negara antara Yunani dengan Indonesia, dalam konteks domain maritim global. 

“Menurut saya kerja sama ini dapat dijadikan contoh, bagaimana INSB Class dan BKI mampu berkolaborasi atas nama kedua organisasi dalam mempromosikan keselamatan kapal dan menyelesaikan masalah teknologi maritim. Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan BKI untuk mempromosikan keselamatan kapal, teknologi kelautan, dan inovasi. Kami pun berharap dapat melakukan kerja sama ini dengan penuh kepercayaan dan kejujuran," ucap Pantelis.

IDSurvey diketahui memiliki aktivitas bisnis jasa survey yang meliputi Testing, Inspection, Certification (TIC), dan memiliki target menjadi perusahaan TIC Top 5 di Asia Pacific. Belum genap dua tahun, IDSurvey telah menunjukkan kinerja apik untuk sektor TIC, sehingga pada tahun 2022 IDSurvey mengalami peningkatan pencapaian dibanding tahun sebelumnya dengan berkontribusi dengan memberikan deviden kepada negara sebesar 127 miliar Rupiah.

Di samping itu, IDSurvey juga kembali dipercaya untuk pendelegasian kewengan survei dan sertifikasi statutoria terhadap kapal-kapal berbendera Indonesia oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya