Dikebut, Bandara VVIP IKN Ditargetkan Beroperasi Agustus 2024

Pembangunan IKN Nusantara
Sumber :
  • Dok. PUPR

Jakarta – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menargetkan Bandara Very Very Important Person (VVIP) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, dapat beroperasi pada Agustus 2024 mendatang.

Adapun pembangunan Bandara VVIP IKN tersebut, berada di Hak Pengelolaan (HPL) Badan Bank Tanah seluas 4.162 hektare (ha). Budi mengatakan, area Bandara VVIP IKN akan menjadi kawasan area green airport dan menampilkan budaya Kalimantan serta menampilkan estetika.

"Kita harap bandara VVIP yang kita bangun ini akan dapat digunakan pada Agustus 2024," kata Budi dalam keterangan Senin, 7 Agustus 2023.

Sementara itu, Pimpinan Proyek Badan Bank Tanah Kabupaten Penajam Paser Utara, Syafran Zamzami, menegaskan Bank Tanah mendukung penuh pembangunan Bandara Naratetama.

Jelas dia, itu sesuai dengan amanat Perpres Nomor 31 tahun 2023, tentang Percepatan Pembangunan dan Pengoperasian Bandar Udara VVIP untuk Mendukung Ibu Kota Nusantara.

“Untuk melanjuti Perpres 31/2033 tersebut kami sudah melakukan pekerjaan land clearing perimeter bandara, melakukan inventarisasi data penggarap yang menguasai secara fisik di lapangan, serta melakukan pemasangan patok tanda batas” jelasnya.

Syafran menuturkan, Badan Bank Tanah juga menyiapkan lokasi reforma agraria, serta untuk kepentingan pemerintah, pemerataan ekonomi dan pembangunan nasional. Termasuk lokasi pembangunan Bandara Naratetama, kawasan lindung, dan jalan tol.

Pesawat Boeing 737 Terbakar di Senegal, 10 Orang Luka-luka
Direktur Utama Bank Sumut, Babay Parid Wazdi.(dok Bank Sumut)

Terpilih Jadi Ketua SC BPD-SI, Dirut Bank Sumut Siap Berikan Kontribusi Positif Pertumbuhan Ekonomi

Terpilih Jadi Ketua SC BPD-SI, Dirut Bank Sumut Siap Berikan Kontribusi Positif Pertumbuha

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024