Jokowi: LRT Jabodebek Diresmikan 26 Agustus 2023

Para Artis Jajal LRT Bareng Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden: Laily Rachev

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa peresmian LRT Jabodebek bakal dilakukan pada akhir Agustus 2023 ini.

9 Calon Anggota Pansel Capim KPK, 5 dari Unsur Pemerintah dan 4 Masyarakat

"Akhir bulan insyaallah sudah dioperasikan. Kemungkinan Insyaallah 26 Agustus," kata Jokowi di Stasiun Dukuh Atas, Jakarta, Kamis, 10 Agustus 2023.

Menurut Presiden Jokowi, yang terpenting dalam operasional LRT fokusnya utamanya yakni pada keamanan dan keselamatan. Terkait sertifikasi, dirinya menyebut hal tersebut merupakan hal teknis.

Istana Sebut Nama-nama Anggota Pansel KPK Akan Diumumkan Bulan Ini

Kendati begitu, Jokowi mengatakan bahwa peresmian LRT tidak akan berbarengan dengan kereta cepat.

"Nda’ (berbarengan), kereta cepat mungkin kita akan coba lagi di September begitu siap semuanya juga segera dioperasikan," kata Jokowi.

Tidak Ada Foto Jokowi di Ruang Rapat, PDIP: Jatuh Lupa Dipasang Lagi

Para Artis Jajal LRT Bareng Presiden Joko Widodo

Photo :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden: Laily Rachev

Jokowi menyebut pengoperasian LRT maupun kereta cepat akan lebih baik jika dilakukan dalam waktu dekat. Sebab, katanya, hal itu dilakukan untuk mengurangi kemacetan dan polusi di Jakarta.

"Semakin cepat di operasikan semakin baik karena kita tahu tiap hari kita ini menghadapi kemacetan, tiap hari kita juga menghadapi polusi. Hadi perpindahan dari moda transportasi dari mobil pribadi kemudian tranportasi masal itu yang kita harapkan," ujarnya.

Jokowi mengungkapkan bahwa kerugian pertahun hampir Rp 100 triliun karena kemacetan di Jabodetabek dan Bandung. 

"Setiap tahun merugikan hampir 100 triliun dan ini memang harus diatasi karena secara makro ekonomi merugikan negara besar sekali. Bahwa harus ada subsidi ya itu kewajiban pemerintah kewajiban negara karena ini bentuk pelayanan terhadap masyarakat," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya