18 BUMN 'Nangkring' di Posisi Teratas Fortune Indonesia 100

Gedung Kementerian BUMN.
Sumber :
  • Wikagedung.co.id

Jakarta –  Sejumlah perusahaan pelat merah berhasil menduduki peringkat teratas, dalam daftar terbaru 100 perusahaan terbesar di Indonesia atau Fortune Indonesia 100.

PT Timah Rombak 2 Jajaran Direksi, Ahmad Dani Ungkap Fokus Perbaikan Bisnis

Para perusahaan BUMN itu antara lain yakni Pertamina, yang duduk di peringkat teratas dengan pendapatan sebesar Rp 1.323 triliun. Kemudian diikuti PLN di peringkat kedua dengan pendapatan Rp 441 triliun, dan BRI di posisi keempat dengan pendapatan Rp 208 triliun.

Lalu ada pula Bank Mandiri di peringkat lima dengan pendapatan Rp 161 triliun, Telkom di peringkat enam dengan pendapatan Rp 147 triliun, dan MIND ID di peringkat ketujuh dengan pendapatan Rp 126 triliun.

Raup Laba Bersih Rp474 Miliar pada 2023, BRI Insurance Bagikan Dividen Rp 118 Miliar

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati

Photo :
  • Pertamina

"Total ada 18 BUMN yang masuk dalam 100 perusahaan terbesar di Indonesia, bahkan hampir separuh dari total pendapatan Fortune Indonesia 100 itu berasal dari BUMN," kata Menteri BUMN, Erick Thohir, dalam keterangannya, Kamis, 10 Agustus 2023.

Chandra Asri Pacific Tbk Bagikan Dividen Tunai US$30 Juta

Dia menegaskan, capaian-capaian ini menjadi bukti bahwa kerja keras direksi, komisaris, dan seluruh insan BUMN, telah berhasil membawa hasil yang positif bagi kinerja para BUMN tersebut.

"Kalau kita lihat, empat dari lima besar itu BUMN. Dari sepuluh besar, BUMN-nya ada tujuh, ini hal yang luar biasa dan patut mendapatkan apresiasi," ujarnya.

Erick mengaku amat bersyukur pada sejumlah langkah transformasi, baik dari sisi perubahan model bisnis, holdingisasi, hingga inovasi, yang telah berhasil membawa pertumbuhan signifikan bagi BUMN. Dengan begitu, Erick menilai BUMN dapat kian berkontribusi bagi negara dan masyarakat.

Gedung BRI II, Bank Rakyat Indonesia

Photo :
  • vivanews/Andry

"Ini sesuai dengan komitmen awal kita, BUMN harus sehat. Hal ini terbukti dengan laporan Fortune Indonesia 100. Harapannya, tentu BUMN bisa mengoptimalkan pertumbuhan untuk program-program kerakyatan, termasuk membuka lapangan kerja," ujarnya.

Sebagai informasi, mayoritas daftar Fortune Indonesia 100 berasal dari perusahaan energi dan batu bara, yang secara bersama-sama mencatatkan kinerja tertinggi sepanjang masa.

Kemudian juga ada pendatang baru dari perusahaan yang bergerak di dunia teknologi, hingga konsistensi industri perbankan Tanah Air yang tetap berhasil mencatatkan pertumbuhan kinerja secara gemilang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya