Holding BUMN Jasa Survei Beberkan Capaian Program Strategis

PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) atau Holding BUMN Jasa Survei saat mendapatkan Statement of Compliance (SoC) QSCS.
Sumber :
  • Dok. PT BKI

Jakarta – PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) telah ditunjuk oleh Kementerian BUMN sebagai induk Holding BUMN Jasa Survei atau IDSurvey yang diresmikan pada tahun 2021 lalu. BKI merupakan satu-satunya Badan Klasifikasi Nasional milik negara dan sudah berdiri 59 tahun lamanya.

Perkuat Penegakan Hukum, Holding BUMN Jasa Survei Gandeng Kejaksaan

Vice President Corporate Secretary IDSurvey, Tony Andrianto mengatakan, BKI terus berkomitmen menjalankan amanah yang dipercayakan oleh Kementerian BUMN, untuk menjadi perusahaan jasa pemastian yang terintegrasi dan berkelas dunia. 

Ia pun membeberkan capaian program strategis holding. Pada Semester 1 tahun 2023, lanjut Tony, BKI berhasil menjalankan program strategis holding dalam rangka mewujudkan visi perusahaan, di antaranya Green Business IDSurvey dan Kesepakatan dan Kerja sama tentang Jasa Informasi Geospasial. 

Indonesia Kembali Masuk White List, BKI Dapat Pengakuan Internasional untuk Keselamatan Kapal

"Tidak berhenti di situ, terdapat juga program bersama lainnya baik di bidang Human Capital, Pengembangan Usaha, Information and Technology (IT)," kata Tony  dikutip dalam keterangan tertulis, Selasa, 22 Agustus 2023.

Ilustrasi survei

Photo :
  • VIVAnews
Rugikan Perusahaan Singapura Rp32 Miliar, Sindikat Manipulasi Data Email Dicokok

Melalui program yang dijalankan ini, diharapkannya industri jasa survei dapat meningkat sehingga memperkuat perekonomian Indonesia dan memiliki daya saing.

“Jasa survei memiliki peran kritikal di mana perusahaan memiliki tugas dan wewenang untuk memastikan kelayakan suatu barang dan jasa sehingga baik secara langsung ataupun tidak langsung dapat memberikan rasa aman terhadap masyarakat,” katanya.

Seiring perkembangan zaman, Tony melanjutkan, jasa survei tidak hanya memiliki peranan jasa pemastian namun juga memiliki peran yang mendukung atas ketersediaan data dan informasi perdagangan dan industri nasional. Untuk itu, pada tahun ini BKI menetapkan bahwa jasa survei tidak hanya pada satu sektor bisnis saja namun berkembang pada lini bisnis lainnya. 

Pada awal tahun hingga pertengahan tahun, BKI berhasil menandatangani sejumlah Nota Kesepahaman dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi nasional, seperti implementasi Nilai Ekonomi Karbon (NEK) dan BUMN pelaksana Informasi Geospasial KPBUMN.

“BKI sebagai Holding BUMN Jasa Survei akan terus bertransformasi untuk kemajuan negeri dan turut mendukung kesinambungan Pembangunan nasional," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya