Lowongan Kerja di AS Menurun, Rupiah Menguat Pagi Ini

Rupiah melemah terhadap dolar AS.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/YU/aa

Jakarta – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot menguat pada perdagangan Rabu pagi, 30 Agustus 2023. Rupiah menguat sebesar 42 poin atau 0,28 persen ke posisi Rp 15.218 per dolar AS, dibandingkan pada penutupan sebelumnya senilai Rp 15.260 per dolar AS.

Rupiah Lesu ke Rp 16.128 per Dolar AS

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp 15.263 per dolar AS.

Pengamat pasar uang Ariston Tjendra memproyeksikan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS berpeluang menguat pada hari ini. Hal itu dipicu oleh data jumlah lowongan pekerjaan di Amerika Serikat (AS).

Rupiah Anjlok Bikin Harga Moge Harley-Davidson Meroket

Rupiah.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

"Rupiah masih berpeluang menguat hari ini, setelah data jumlah lowongan pekerjaan AS semalam menunjukkan penurunan, yang memicu ekspektasi the Fed akan menahan suku bunga acuannya di September ini," kata Ariston kepada VIVA Rabu, 30 Agustus 2023. 

Hati-hati, Begini Modus Baru Penipuan Salah Transfer Pinjol Ilegal hingga Tawaran Pekerjaan

Ariston menuturkan, selain data pekerjaan, data tingkat keyakinan konsumen AS yang dirilis semalam juga menunjukkan penurunan di bawah ekspektasi pasar.

Petugas menghitung mata uang rupiah dan dolar AS di salah satu tempat penukaran uang di Jakarta

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Pun, jelas dia, sentimen pasar terhadap aset berisiko juga terlihat positif. Hal itu ditunjukkan dengan menguatnya indeks saham regional pagi ini mengikuti penguatan indeks saham Eropa dan AS semalam.

"Potensi penguatan ke arah Rp 15.200-Rp 15.230, dengan potensi resisten di sekitar Rp 15.280-Rp 15.300," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya