TikTok Bantah Bakal Buka Pabrik di Indonesia

TikTok.
Sumber :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

JakartaTikTok Indonesia membantah, kabar bahwa bakal membangun pabrik di Indonesia. Hal itu ditegaskan oleh Head of Brand Partnership TikTok Indonesia, Haswar Hafid. 

Jokowi Bocorkan Kriteria Pansel Capim KPK

Haswar menyatakan, pihak hingga saat ini tidak berencana untuk membuka pabrik di Indonesia. Apalagi membuat brand produk TikTok.

“Ada salah satu berita yang mengatakan bahwa TikTok mau bikin pabrik, informasi yang didapatkan dari TikTok Shop akan digunakan untuk hal tersebut, kita enggak punya duitnya untuk bikin produk,” ujar Haswar dalam BCA Indonesia Knowledge Forum 2023 di Jakarta, Rabu, 11 Oktober 2023.

Nurul Ghufron Kasih Kode Bakal Maju Lagi di Seleksi Capim KPK Tahun 2024

TikTok Shop

Photo :
  • VIVA

Haswar mengatakan, TikTok sendiri akan mematuhi regulasi yang ada di Indonesia. Hal itu sebagaimana yang tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 50 Tahun 2022 dan Permendag Nomor 31 tahun 2023.

Respons Mahfud MD soal Rencana Pengesahan Revisi UU MK yang Pernah Ditolak

“Kita menghargai Pemerintah dan kita juga kerja bareng dengan Pak Teten (Menkop UKM), Pak Budi (Menkominfo). Pak Zulkifli Hasan (Menteri Perdagangan) untuk bagaimana sih serving regulatory dan serving bisnis di indonesia,” ujarnya. 

Seperti diketahui, layanan TikTok Shop sudah ditutup pada 4 Oktober 2023. Hal itu sering dengan pengumuman TikTok, yang mana itu sesuai dengan instruksi Pemerintah terkait peraturan yang harus dipatuhi.

Hal tersebut disampaikan TikTok dikutip dari website resminya, Selasa, 3 Oktober 2023. TIkTok Shop mulai ditutup pada besok, Rabu, 4 Oktober 2023.

"Prioritas utama kami adalah untuk menghormati dan mematuhi peraturan dan hukum yang berlaku di Indonesia," tulis pengumuman tersebut.

Ilustrasi TikTok.

Photo :
  • Istimewa.

TikTok Juga menjelaskan bahwa tidak akan lagi memfasilitasi transaksi e-Commerce. Pengumuman secara resmi kepada para member TikTok Shop pun sudah disampaikan melalui email.

"Dengan demikian, kami tidak akan lagi memfasilitasi transaksi e-Commerce di dalam TikTok Shop Indonesia, efektif per tanggal 4 Oktober, pukul 17.00 WIB," tambahnya.

TikTok pun belum bisa menyampaikan kapan bisa kembali membuka TikTok Shop. "Kami akan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Indonesia terkait langkah dan rencana kami ke depan,"ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya