Ekspansi Pasar Global, Pertamina Targetkan Punya 130 Kapal Tanker pada 2025

Kapal PIS.
Sumber :
  • Dokumentasi PIS.

JakartaPertamina melalui PT Pertamina International Shipping (PIS) saat ini telah memiliki sebanyak 97 kapal tanker, dan menargetkan kepemilikan hingga 130 armada kapal tanker hingga tahun 2025 mendatang.

Tiga Kapal di Muara Baru Terbakar, 3 Orang Tewas

Karenanya, Corporate Secretary PIS, Muh Aryomekka Firdaus memastikan, dalam 4 tahun terakhir pihaknya terus menambah armada kapal tanker secara agresif, guna memperkuat distribusi energi dan ketahanan energi nasional.

"Sekaligus ekspansi perusahaan di pasar global, untuk market non-captive," kata Aryomekka dalam keterangannya, Selasa, 17 Oktober 2023.

Pertamina Geothermal Energy Cetak Laba Bersih US$47,49 Juta Kuartal I-2024

Dia menjelaskan, sejak tahun 2019 sampai September 2023, PIS mencatat penambahan 11 armada kapal tanker. Dimana, 2 diantaranya adalah kapal Very Large Crude Carrier (VLCC), yakni Pertamina Pride dan Pertamina Prime. Keduanya dibangun secara mandiri, dan peresmiannya disaksikan oleh Menteri BUMN, Erick Thohir, pada awal tahun 2021 lalu.

Pertamina International Shipping.

Photo :
  • Pertamina
Manfaat Kalung Kesehatan, Solusi Nyata atau Sekadar Gaya?

"Kedua kapal VLCC tersebut juga masuk dalam daftar kapal terbesar dunia, yang sejak beroperasi di tahun 2021 telah berlayar di beberapa negara," ujarnya.

Selain 2 kapal VLCC tersebut, pada awal tahun 2023 PIS juga menambah deretan kapal raksasanya dengan akuisisi kapal Very Large Gas Carrier (VLGC) Pertamina Gas Amaryllis, yang merupakan kapal gas ramah lingkungan terbesar dunia. 

"Kapal Pertamina Gas Amaryllis merupakan kapal tanker dual fuel yang pertama dimiliki Indonesia, dan merupakan wujud komitmen PIS dalam mendukung program transisi energi pemerintah," ujarnya.

Kapal Pertamina International shipping.

Photo :
  • Dok. Pertamina

Diketahui, penambahan armada kapal tanker ini merupakan kontribusi PIS bagi pertumbuhan Pertamina Group, yang sejalan dengan amanat Menteri BUMN Erick Thohir untuk Go Global.

Di mana, armada-armada baru PIS juga didorong bisa memenuhi standar internasional, untuk bisa berlayar di mancanegara. Mengingat, saat ini kapal-kapal PIS tercatat telah berlayar di 26 rute internasional.

Berikut adalah rincian penambahan armada kapal PIS sejak tahun 2019:

1. Kapal VLCC : Pertamina Pride dan Pertamina Prime (2021)

2. Kapal VLGC: Pertamina Gas Amaryllis (2023)

3. Kapal Medium Tanker/MT: 

- MT Pangalengan (2019),

- MT Panjang (2019)

- MT Pangrango (2019)

- PIS Precious (2019)

- PIS Sumatera (2023)

4. Small Gas Carrier:

- Gas Antasena (2023)

- PIS Prolific (2023)

5. Small Chemical Tanker: 

- PIS Mahakam (2023)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya