5 Tips UMKM Bisa Cuan Promosi Pakai Live Streaming

Ilustrasi UMKM ketika memulai usaha.
Sumber :
  • Pixabay

Jakarta – Tidak sedikit pelaku UMKM di Indonesia yang sudah memanfaatkan media sosial sebagai saluran promosi dan meningkatkan brand awareness saat ini. Berbagai konten promosi dibuat semenarik mungkin agar mampu menarik perhatian dan kesadaran konsumen terhadap produk yang ditawarkan.

Ditunjuk Jadi Pelatih PSIM Yogyakarta, Seto Nurdiantoro: Seperti Kembali ke Rumah

Satu dari banyaknya platform media sosial yang saat ini tengah gencar dimanfaatkan oleh pelaku UMKM adalah platform video pendek. Dengan harapan penawaran itu dapat meningkatkan penjualan yang maksimal.

Dina Bhirawa, Head of Marketing SnackVideo Indonesia menegaskan, pihaknya berkomitmen ikut memberi dukungan kepada para pelaku UMKM dalam penggunaan konten video pendek untuk mengoptimalkan promosi bisnis mereka. Video pendek yang kreatif juga dapat menjangkau lebih banyak orang dan berujung pada peningkatan penjualan produk maupun jasa.

IMA Waspadai Sinyal Pelemahan Ekonomi RI Kuartal I-2024

Rhea Cempaka UMKM binaan BNI

Photo :
  • BNI

“Saat ini, pengguna aktif SnackVideo telah mencapai 43 juta di seluruh Indonesia. Jika UMKM dapat memanfaatkannya dengan tepat melalui konten-konten yang informatif dan menarik mengenai produknya, maka promosi melalui video pendek akan menjadi semakin efektif,” ujar Dina dikutip dari keterangannya, Jumat, 24 Novembber 2023.

Arif Budimanta Sebut UU Cipta Kerja Beri Banyak Manfaat kepada Pelaku UMKM

“Terutama dalam menarik perhatian dan menumbuhkan curiosity konsumen terhadap produk maupun jasa. Karena itu, kami mendukung para UMKM di Indonesia untuk terus aktif dan bersemangat dalam mengembangkan kreativitas dan membuat konten video pendek yang menarik, sehingga bisa trending dan ditonton oleh banyak orang,” tambahnya.

Dia menjelaskan, salah satu strategi berwirausaha yang saat ini sedang tren melalui platform video pendek dan banyak dilakukan oleh pelaku UMKM adalah live streaming. Tak hanya untuk meningkatkan kunjungan konsumen secara online, fitur live stream ini juga dapat digunakan oleh para pelaku bisnis untuk membangun komunikasi dengan konsumen dan konsumen potensial melalui fitur live chat nya. 

“Sama seperti video pendek, live streaming juga membutuhkan konsep yang kreatif dan persiapan yang matang agar dapat memberi hasil yang diharapkan. Untuk itu, SnackVideo ingin memberikan beberapa panduan kepada para content creator dan host mengenai persiapan yang baik untuk melakukan live streaming serta berbagai tips agar live streaming bisa berlangsung menarik dan diikuti banyak pengguna SnackVideo,” jelas Dina.

Dia menjabarkan, saat mempersiapkan live streaming, maka UMKM harus memperhatikan beberapa tips berikut ini

1. Menentukan jenis konten yang ingin dilakukan. Jenisnya bisa berupa chit chat atau obrolan, langkah-langkah penggunaan produk (misal untuk produk beauty), games & challenge, mukbang (untuk produk food & beverages), menari, atau bernyanyi. Jika live streaming untuk mempromosikan produk, sertakan juga informasi pembelian produk yang bisa dipilih oleh penonton.

2. Pilih waktu yang tepat untuk melakukan live streaming sesuai demografi dari pengguna yang menjadi sasaran. Informasikan terlebih dahulu jadwal live streaming serta host yang akan memandu acara agar tidak terlewat.

Ilustrasi content creator.

Photo :
  • Freepik/freepik

3. Host bersikap ramah dan bersahabat dengan para penontonnya. Jangan lupa untuk mengucapkan salam dan menyapa penonton, terutama penonton yang sudah rutin menonton live streaming. Lakukan interaksi dengan membaca dan merespons komen-komen dari penonton, terutama yang berkaitan dengan informasi produk. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih jika ada penonton yang memberikan gift.

4. Pemilihan host yang tepat. Pilih host yang terlihat menarik dengan pakaian yang terlihat sopan dan rapi, rambut ditata dengan rapi, serta mengaplikasikan make up untuk host perempuan. Hindari penampilan host yang seksi dan vulgar.

5. Jangan lupa persiapkan setting dan perlengkapan. Live streaming sebaiknya dilakukan di ruangan yang tenang sehingga host merasa nyaman dalam bekerja. Pastikan perlengkapan berfungsi dengan baik. Atur jarak duduk host serta pencahayaannya sehingga wajah host bisa terlihat dengan jelas tapi tidak memenuhi layar ponsel.

Dina pun menegaskan, mencermati tren yang sedang berlangsung di kalangan masyarakat merupakan langkah penting yang harus diambil oleh para pelaku UMKM. Terutama dalam implementasi digitalisasi bisnis dan pemanfaatan media sosial sebagai saluran promosi.

“Memahami cara-cara yang benar dalam melaksanakan live streaming juga diperlukan agar informasi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh target konsumen,” tutup Dina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya