Rupiah Berpotensi Balik Perkasa Setelah Pagi Ini Loyo

Petugas jasa penukaran valuta asing memeriksa lembaran mata uang rupiah dan dolar AS di Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Jakarta – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot melemah pada perdagangan Jumat pagi, 29 Desember 2023. Rupiah melemah sebesar 24 poin atau 0,16 persen ke posisi Rp 15.442 per dolar AS. 

Melemah ke Level Rp 16.058 Per Dolar AS, Ada Harapan Rupiah Menguat Hari Ini

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp 15.416 per dolar AS. 

Pengamat Pasar Uang Ariston Tjendra memperkirakan, nilai tukar rupiah hari ini berpeluang menguat terhadap dolar AS. Hal ini didukung oleh data ekonomi AS yang lebih buruk dari ekspektasi pasar. 

Rupiah Menguat Pagi Ini Terdorong Optimisme Ekonomi RI Bakal Tumbuh di Atas 5 Persen

"Data klaim tunjangan pengangguran AS semalam menunjukkan jumlah klaim yang lebih banyak dari perkiraan. Pelemahan data tenaga kerja ini mendukung ekspektasi pemangkasan suku bunga acuan AS di semester 1 tahun depan," ujar Ariston saat dihubungi VIVA, Jumat, 29 Desember 2023. 

Ilustrasi rupiah dan dolar AS.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Gubernur BI Sebut Rupiah Menguat Menuju Rp 15.800 per Dolar AS, Ini Faktor Pendukungnya

Ariston menuturkan, pada pekan lalu, data ekonomi AS juga menunjukkan pelemahan. Dalam hal ini data Produk Domestik Bruto (PDB) kuartal III-2023 AS direvisi turun dari 5,2 persen menjadi 4,9 persen. 

"Data indikator inflasi Core PCE Price Index bulan November mtm dirilis di bawah ekspektasi pasar, 0,1 persen vs 0,2 persen," ujarnya. 

Dengan demikian, Ariston memperkirakan mata uang rupiah terhadap dolar AS berpotensi menguat ke arah Rp 15.380-Rp 15.350. Sedangkan potensi resisten di kisaran Rp 15.500.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya