Harga Beras Naik, Pemerintah Tambah Pasokan Beras SPHP Jadi 100 Ribu Ton

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto memimpin konferensi pers hasil High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP).
Sumber :
  • VIVA/Anisa Aulia

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengungkapkan, Pemerintah akan menambah jumlah pasokan beras menjadi 100.000 ton. Hal ini dilakukan untuk operasi pasar melalui program Stabilitas Pasokan Harga Pangan (SPHP).

Harga Beras Ekspor Vietnam Berada di Posisi Teratas Dunia

Airlangga mengatakan, jumlah beras SPHP semula sebanyak 50.000 ton hingga 80.000 ton, kini dinaikkan menjadi 100.000 ton. Penambahan jumlah beras ini dilakukan untuk menekan harga beras yang mulai mengalami kenaikan di awal Januari. 

"Tentu ada program SPHP yang sekarang 1 bulan 100.000. (Alokasi) 100.000 ton itu ditingkatkan dari sebelumnya 50.000 sampai 80.000, sekarang 100.000 ton," jelas dia dalam konferensi pers di Kemenko Perekonomian, Jakarta, dikutip Selasa, 30 Januari 2024. 

Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,11 Persen, Airlangga: Tertinggi Sejak 2015

Pemkab Merangin gelar operasi pasar menyediakan beras dengan harga lebih murah (ilustrasi beras SPHP)

Photo :
  • Antara/HO-Pemkab Merangin

Airlangga melanjutkan, Pemerintah juga akan menyalurkan bantuan pangan hingga Juni 2024. Bantuan ini dilakukan untuk membantu masyarakat kelas bawah agar tidak terkena dampak naiknya harga beras.

Minister Brings Significant Issue as Indonesian Representative in OECD

"Kedua, dengan tentunya bantuan pangan ini akan juga menekan demand di masyarakat, tentu terus kita monitor karena memang secara internasional ada kenaikan," jelasnya.

Dengan demikian, Airlangga berharap jumlah produksi beras di musim tanam semakin bertambah. Sehingga harga beras nantinya berdampak pada penurunan. 

"Tentu kita dorong juga nanti musim tanam dan juga jumlah produksi diharapkan meningkat. Kalau di bulan kemarin itu kan di Desember sekitar 1,2 juta dan demand bisa sampai dua setengah," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya