Zulhas Pamer Tren Surplus Neraca Dagang RI Selama 45 Bulan

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat memberikan keterangan terkait importir gula, Selasa, 19 Desember 2023
Sumber :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

Semarang – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan alias Zulhas, memamerkan capaian kinerja neraca perdagangan Indonesia yang mengalami tren surplus panjang selama 45 bulan berturut turut, pada periode Mei 2020 hingga Januari 2024.

Bukan International Moneteri Fund, Sandiaga Ungkap 84 Persen UMKM Andalkan IMF untuk Permodalan

Hal itu diutarakan Zulhas, saat membuka Rapat Kerja Kementerian Perdagangan Tahun 2024 yang disiarkan secara live di YouTube Kementerian Perdagangan.

"Tren surplus neraca perdagangan 45 bulan berturut-turut, maka saya ucapkan terima kasih kawan-kawan (Kemendag)," kata Zulhas, Selasa, 20 Februari 2024.

Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,11 Persen, Jokowi: Investasi Terus Masuk

Mendag Zulhas di Pabrik Sepatu Nike Tangerang.

Photo :
  • istimewa

Dia memastikan bahwa periode surplus neraca perdagangan ini, telah menjadi tren yang terpanjang dalam kurun waktu 15 tahun terakhir. Apalagi, pada tahun 2023 lalu neraca perdagangan Indonesia berhasil surplus hingga mencapai US$36,91 miliar.

Wacana Prabowo Tambah Kementerian, Ketum Projo: Pokoknya yang Terbaik untuk Bangsa, Kita Dukung

Zulkifli merinci, jika dilihat dari sisi lapangan usaha, sektor perdagangan telah berkontribusi sebagai yang terbesar kedua dalam pertumbuhan ekonomi 2023, yakni mencapai 12,94 persen. Capaian itu diketahui meningkat dari capaian serupa di tahun 2022, yang hanya mencapai 12,85 persen.

"Selanjutnya, kontribusi ekspor barang dan jasa terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, jika berdasarkan pengeluaran, juga tumbuh menjadi 21,71 persen di tahun 2023 lalu," ujarnya.

Diketahui, perekonomian Indonesia kuartal IV-2023 tumbuh 5,04 persen secara year-on-year (yoy), sehingga di tahun 2023 ekonomi RI seluruhnya tumbuh sebesar 5,05 persen (yoy).

Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan

Photo :
  • tvOne/Pujiansyah

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan, tren pertumbuhan ini ditopang oleh aktivitas permintaan domestik yang masih kuat, khususnya aktivitas konsumsi dan investasi. 

Menkeu juga menyebut, pertumbuhan ekonomi ini turut mendorong penurunan pengangguran dan kemiskinan. Pemulihan ekonomi dinilai telah mampu menciptakan lapangan kerja, yang bisa menekan tingkat pengangguran terbuka (TPT) menjadi 5,32 persen pada Agustus 2023. Posisi itu diketahui turun sebesar 0,54 persen, dibanding posisi pada Agustus 2022 sebelumnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya