Jokowi Dorong Transformasi Ekonomi di IKN Nusantara

Presiden Jokowi Groundbreaking Gedung Bank BNI 46 di IKN Nusantara
Sumber :
  • Biro Pers Media Istana Kepresidenan

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama Gedung Kantor BNI 46 di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur pada Kamis, 29 Februari 2024. Untuk itu, Jokowi mendorong transformasi ekonomi di kawasan IKN sebagai tanggapan perubahan landskap ekonomi global.

Cerita Jokowi Bertemu Bos Apple-Microsoft: Memprihatinkan

“Lanskap politik global juga berubah semuanya, geopolitik juga berubah semuanya, sehingga apapun Ibu Kota Nusantara ini harus betul-betul menjadi bagian dari transformasi ekonomi Indonesia,” kata Jokowi.

Oleh karenanya, Jokowi mengapresiasi inisiatif Bank BNI dalam membangun perbankan digital atau digital banking di kawasan klaster industri keuangan dan perbankan IKN. Tentu, Jokowi berharap langkah tersebut dapat mendorong masyarakat untuk lebih mengadopsi teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari.

Jawaban Kocak Jokowi Usai Lengser

Presiden Jokowi Groundbreaking Gedung Bank BNI 46 di IKN Nusantara

Photo :
  • Biro Pers Media Istana Kepresidenan

“Saya senang Bank BNI membangun digital banking di sini untuk mendorong masyarakat kita agar betul-betul lari semuanya ke hal-hal yang berkaitan dengan digital,” ujarnya.

Luhut Ingatkan Prabowo Jangan Bawa Orang Toxic ke Pemerintahan, Jokowi: Udah Bener

Disamping itu, Jokowi mengatakan bahwa pembangunan jalan tol dan bandara akan mempermudah akses menuju IKN. Dengan selesainya infrastruktur tersebut, waktu perjalanan dari berbagai kota seperti Jakarta dan Balikpapan ke IKN diharapkan akan dapat dipersingkat.

“Kita harapkan dengan adanya fasilitas jalan tol, fasilitas bandara, airport, traffic ke IKN ini menjadi makin ramai,” jelas dia.

Tentu, Jokowi berharap Kota Nusantara ini akan menjadi sebuah kota yang hidup, tidak hanya urusan pemerintahan. “Tapi dibayangan saya kalau fasilitas-fasilitas nanti sudah komplet, konser-konser besar nanti akan bisa diadakan di Ibu Kota Nusantara,” ucapnya.

Kata Jokowi, pemerintah ingin menjadikan IKN sebagai pusat ekoturisme dengan rencana untuk mengembalikan hutan monokultur menjadi hutan hujan tropis di kawasan IKN. “Ini akan menjadi sebuah kota yang hijau, forest city karena akan banyak bank-bank yang ada di sini dengan digital banking. Ini akan betul-betul sesuai dengan konsep smart city yang akan kita bangun betul-betul kejadian,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya