Cinema XXI Tebar Dividen 2023 Rp 666 Miliar

PT Nusantara Sejahtera Raya Tbk (CNMA), induk usaha jaringan bioskop Cinema XXI resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu, 2 Agustus 2023.
Sumber :
  • Dok. CNMA

Jakarta – PT Nusantara Sejahtera Raya Tbk selaku pengelola Cinema XXI menyetujui pembagian dividen sebesar Rp 666,76 miliar atau sebesar Rp 8 per saham. Hal ini disepakati dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) tahun buku 2023.

Telkom Indonesia Tebar Dividen Rp 17,68 Triliun, Intip Jadwalnya

Sekretaris Perusahaan sekaligus Direktur Keuangan Cinema XXI Tri Rudy Anitio mengatakan dalam RUPST tersebut, pemegang saham menyetujui pembagian dividen sebesar Rp 666,76 miliar atau sebesar Rp 8 per saham. 

"Nilai dividen tersebut setara dengan 97 persen dari laba bersih Perseroan yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk pada 2023 sebesar Rp 687,8 miliar," kata Tri dalam keterangannya Rabu, 3 April 2024.

Komisaris hingga Direksi Bank Mandiri Dapat Kucuran Saham Program Remunerasi

Dia menyebut, pembagian dividen tahun buku 2023 ini merupakan bagian dari komitmen pihaknya kepada para pemegang saham setelah Perseroan sukses melaksanakan Initial Public Offering (IPO) di tahun 2023 lalu.

Bioskop Cinema XXI

Photo :
  • VIVA/Andry Daud
Daerah yang Suskes Kelola Dana Desa Dapat Bonus hingga Rp 150 Juta, Kemenkeu Kasih Bukti

"Kinerja kami sepanjang tahun 2023 juga menunjukkan kemampuan Perseroan dalam mengoptimalkan potensi pertumbuhan ekonomi Indonesia untuk memperkuat fundamental dan menjaga keberlanjutan bisnis Cinema XXI dalam jangka panjang," ujarnya.

Tri melanjutkan, untuk realisasi penggunaan dana hasil Penawaran Umum Perdana Saham (IPO) Perseroan, Cinema XXI memperoleh dana sebesar Rp 2,25 triliun dengan hasil bersih sebesar Rp 2,17 triliun setelah dikurangi biaya penawaran umum. 

"Hingga akhir Desember 2023, Cinema XXI telah merealisasikan penggunaan dana hasil IPO sebesar Rp 1,13 triliun. Dengan demikian, Cinema XXI masih mengantongi sisa dana hasil IPO sebesar Rp 1,05 triliun," jelasnya.

Selain itu terang Tri, RUPST juga menyetujui usulan perubahan susunan pengurus Perseroan dengan mengangkat Suryo Suherman untuk menggantikan Hans Gunadi sebagai Direktur Utama dan mengangkat Ongki Wanadjati Dana sebagai Pelaksana Tugas Komisaris Utama menggantikan Suryo Suherman. 

"Perseroan menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas kontribusi dan dedikasi Hans Gunadi dan Suryo Suherman selama melaksanakan masa jabatannya," imbuhnya.

Adapun susunan pengurus Perseroan menjadi sebagai berikut:

Komisaris

- Pelaksana Tugas Komisaris Utama/
Komisaris Independen : Ongki Wanadjati Dana
- Komisaris : Melia Suherman
- Komisaris : Harris Lasmana
- Komisaris : Sacheen Harris Lasmana
- Komisaris Independen : Mohammad Noor Rachman Soejoeti

Direksi

- Direktur Utama : Suryo Suherman
- Direktur : Arif Suherman
- Direktur : Dody Suhartono
- Direktur : Tri Rudy Anitio

Suasana penonton Dilan 1991 di CinemaXXI Royal Plaza Surabaya

Photo :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

Tri menjelaskan, sepanjang tahun 2023, Cinema XXI membukukan pendapatan sebesar Rp 5,2 triliun dengan perolehan EBITDA sebesar Rp1,7 triliun. 

Untuk total pendapatan Cinema XXI sepanjang 2023 terutama berasal dari kontribusi penjualan tiket bioskop sebesar 60 persen dan produk makanan dan minuman sebesar 35,4 persen.

"Cinema XXI menyiapkan belanja modal tahun 2024 sekitar Rp 775 miliar untuk ekspansi bisnis, termasuk pembangunan bioskop dan penambahan sekitar 100 layar yang tersebar di berbagai kota/kabupaten di Indonesia pada tahun 2024," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya