8 Negara Terbaik untuk Bekerja Secara WFH

Ilustrasi WFH.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA – Bekerja dari jarak jauh telah menjadi tren yang semakin populer di era digital ini, terutama seiring dengan perkembangan teknologi dan akses internet yang semakin mudah di seluruh dunia.

PPIU dan Jemaah Umrah Diingatkan tentang Risiko Overstay di Arab Saudi

Bagi para pekerja remote atau digital nomad, memilih tempat tinggal yang cocok menjadi hal yang penting untuk mendukung produktivitas dan gaya hidup yang diinginkan. Dilansir Insider Monkey, berikut adalah 8 negara terbaik di dunia untuk bekerja dari jarak jauh atau WFH.

8. Denmark

Indonesia Siapkan Welcoming Dinner, Kepala Negara Akan Disuguhkan Hidangan Tradisional

Denmark memiliki salah satu kecepatan unduh broadband median tertinggi, yaitu 225,81 Mbps. Meskipun negara ini tidak menawarkan visa khusus untuk bekerja dari jarak jauh, digital nomad memanfaatkan visa tinggal panjang mereka untuk bekerja secara remote dari negara tersebut.

7. Spanyol

2 Pekerja Luka-luka Imbas Ledakan di Smelter Nikel Kaltim, Begini Kronologinya

Spanyol adalah negara terbaik ketujuh untuk pekerja remote menurut Skor Kesiapan Bekerja dari Jarak Jauh Insider Monkey. Negara ini meluncurkan Visa Digital Nomad tahun lalu, memungkinkan pekerja lepas dan pekerja remote untuk tinggal dan bekerja di Spanyol hingga 12 bulan pada awalnya. Visa ini dapat diperpanjang hingga lima tahun.

6. Hong Kong

Lee Thung Avenue, Hong Kong

Photo :
  • Hong Kong Tourism Board

Dengan kecepatan unduh broadband median sebesar 270,72 Mbps, Hong Kong termasuk dalam tiga negara teratas, menurut Indeks Global Speedtest. Negara ini tidak memiliki visa digital nomad khusus, tetapi pekerja remote dapat mengajukan Visa Skema Penerimaan Imigran Berkualitas untuk bekerja sebagai digital nomad.

5. Korea Selatan

Korea Selatan termasuk dalam lima negara teratas dalam daftar 25 negara terbaik untuk bekerja dari jarak jauh. Negara ini baru-baru ini mengumumkan visa yang didedikasikan untuk digital nomad, memungkinkan mereka tinggal hingga dua tahun.

4. Swiss

Swiss adalah negara terbaik keempat untuk bekerja dari jarak jauh. Namun, sayangnya, negara ini cukup membatasi bagi sebagian besar penduduk non-UE ketika bekerja dari jarak jauh. Namun, banyak warga negara Amerika Serikat dapat bepergian bebas visa ke negara tersebut dan bekerja dari jarak jauh, asalkan tujuan perjalanan adalah untuk berkunjung.

3. Amerika Serikat

Amerika Serikat termasuk dalam tiga negara teratas untuk bekerja dari jarak jauh. Negara ini tidak memiliki visa digital nomad khusus. Namun, jika pekerja remote tidak bekerja untuk perusahaan AS, mereka dapat menggunakan visa B2 untuk bepergian ke negara tersebut sambil bekerja untuk organisasi mereka. Penduduk beberapa negara juga memenuhi syarat untuk pembebasan visa dan mereka dapat bekerja dari jarak jauh saat berkunjung ke negara tersebut asalkan employer mereka tidak berbasis di AS.

2. Singapura

Singapura.

Photo :
  • Pixabay/ sasint

Singapura menempati posisi kedua dalam daftar negara terbaik untuk bekerja dari jarak jauh. Perlu dicatat bahwa negara ini menempati peringkat pertama menurut kecepatan unduh broadband median dalam Indeks Global Speedtest.

1. Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab adalah tujuan teratas untuk bekerja dari jarak jauh. Negara ini memiliki infrastruktur internet terbaik di dunia karena menempati peringkat ke-5 menurut kecepatan unduh broadband median dalam Indeks Global Speedtest. Ini juga salah satu dari sedikit negara di Timur Tengah yang menawarkan visa yang ditentukan untuk digital nomad.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya