Prabowo Buka Suara soal Calon Menteri Keuangan di Kabinetnya

Calon presiden terpilih 2024 Prabowo Subianto
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta - Calon presiden (capres) terpilih 2024, Prabowo Subianto menghadiri open house Lebaran di rumah dinas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto di Jl Widya Chandra, Komplek Kediaman Menteri, Jakarta. 

Eks Panglima GAM Klaim Tolak Tawaran Prabowo Jadi Menteri: Saya Gubernur Saja

Pada pertemuan yang kurang lebih berjalan selama dua jam ini, Prabowo irit bicara mengenai nama calon menteri keuangan yang akan ada di kabinetnya. 

"(Menteri keuangan) masih lama," kata Prabowo kepada awak media Kamis, 11 April 2024.

Luhut Tolak Jadi Menteri Prabowo, Tapi Siap Jadi Penasihat

Prabowo Subianto

Photo :
  • Dok. Istimewa

Sebelumnya, media asing menyoroti sejumlah kandidat calon pembantu Prabowo Subianto, jika KPU sudah menetapkannya menjadi pemenang pemilu. Salah satu jabatan menteri yang disoroti adalah menteri keuangan.

Soal Revisi UU Kementerian Negara, Airlangga: Presiden Terpilih Diberikan Kekuasaan Menyusun Kabinet

Media asal Malaysia, Free Malaysia Today, misalnya, dikutip Selasa, 27 Februari 2024, menyebut bahwa Sri Mulyani tidak akan lagi menjabat sebagai menteri keuangan dalam kabinet pemerintahan Prabowo Subianto. Sebagai gantinya, Prabowo dikabarkan sudah mengincar sejumlah nama untuk dijadikan sebagai menteri keuangan. 

Menurut artikel yang melansir analisa Bloomberg itu, Prabowo mempertimbangkan sejumlah tokoh yang berlatar belakang bankir sebagai menkeu. Prabowo disebut mencari teknokrat yang dapat mengamankan pendanaan negara, menjaga kewaspadaan fiskal, serta dapat memenuhi janji kampanyenya.

Prabowo Hadiri Open House di Rumah Dinas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

Photo :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Mengacu pada sejumlah sumber, Prabowo sedang mempertimbangkan setidaknya empat nama. Dari keempatnya itu yakni Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara Kartika Wirjoatmodjo, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Mahendra Siregar, dan Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia Royke Tumilaar.

Nama-nama itu dianggap cocok untuk peran Menkeu karena keahlian finansial dan kemampuan memimpin secara efektif. Namun, Prabowo disebut tidak akan menjadikan Menteri Keuangan sebagai posisi tawar-menawar politik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya