Jasa Marga Catat 714 Ribu Kendaraan Sudah Kembali ke Jakarta saat Arus Balik Lebaran

[dok. PT Jasamarga Transjawa Tol]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat bahwa sudah ada sebanyak 714.093 kendaraan yang sudah kembali ke wilayah Jabodetabek selama tiga hari pasca Lebaran tahun 2024. Ia menjelaskan bahwa ratusan ribu kendaraan tersebut tercatat kembali ke wilayah Jabodetabek melalui empat gerbang pintu tol.

Polres Metro dan Dishub Depok Lakukan Pemeriksaan Ramp Check Bus Pariwisata yang Akan Keluar Kota

Di antaranya, yakni Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikupa (dari arah Merak), GT Ciawi (dari arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (dari arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (dari arah Bandung). Artinya, kendaraan tersebut mengalami peningkatan dibanding tahun 2023 lalu.

"Total volume lalin yang kembali ke wilayah Jabotabek ini meningkat 36,1% jika dibandingkan lalin normal dengan total 524.760 kendaraan. Jika dibandingkan dengan periode Lebaran 2023, total volume lalin ini lebih rendah 7,5 persen dengan total 772.306 kendaraan," ujar Pgs Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga, Faiza Riani dalam keterangan persnya, Minggu 14 April 2024.

Satgas Damai Cartenz Tangkap Anggota KKB Lupa Waker terkait Kasus Pembakaran Camp di Papua

Arus Balik di Tol Transjawa

Photo :
  • twitter

Faiza juga menuturkan terkait dengan distribusi lalu lintas ketika arus balik ke Jabodetabek. Ia menyebut hal itu terjadi pada tiga arah yaitu dengan mayoritas sebanyak 367.780 kendaraan (51,5%) dari arah Timur (Trans Jawa dan Bandung), 191.592 kendaraan (26,8%) dari arah Barat (Merak), dan 154.721 kendaraan (21,7%) dari arah Selatan (Puncak). Adapun rincian distribusi lalin sebagai berikut:

Puing Pesawat yang Jatuh di BSD Diangkut ke Dua Kendaraan Berat

Arah Timur (Trans Jawa dan Bandung)

- Lalin kembali ke Jabotabek dari arah Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek, dengan jumlah 198.063 kendaraan, meningkat sebesar 93,4 dari lalin normal.

- Lalin kembali ke Jabotabek dari arah Bandung melalui GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang, dengan jumlah 169.717 kendaraan, meningkat sebesar 47,5?ri lalin normal.

Total lalin kembali ke Jabotabek dari arah Trans Jawa dan Bandung melalui kedua GT tersebut adalah sebanyak 367.780 kendaraan, meningkat 69,1 persen dari lalin normal.

Arah Barat (Merak)

Lalin kembali ke Jabotabek dari arah Merak melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebanyak 191.592 kendaraan, meningkat sebesar 6,5 persen dari lalin normal.

Kepadatan kendaraan memasuki GT Cikupa Tol Tangerang Merak

Photo :
  • VIVA.co.id/Yandi Deslatama (Serang)

Arah Selatan (Puncak)

Sementara itu, jumlah kendaraan yang kembali ke Jabotabek dari arah Puncak melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi sebanyak 154.721 kendaraan, meningkat sebesar 21,4?ri lalin normal.

Marketing Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani mengimbau masyarakat yang saat ini masih berada di kampung halaman untuk mengatur waktu perjalanan kembali ke Jabotabek.

“Kami imbau masyarakat yang memiliki kelonggaran waktu dapat menggeser perjalanan sekaligus memanfaatkan potongan tarif tol 20% yang akan diberlakukan mulai Rabu 17 April 2024 pukul 05.00 WIB s.d Jumat, 19 April 2024 pukul 05.00 WIB untuk perjalanan menerus Jalan Tol Trans Jawa dari Semarang menuju Jakarta, hanya untuk asal GT Kalikangkung menuju GT Cikampek Utama,” tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya