Kunjungi Station F di Paris, Anindya Bakrie Ungkap Rencana Bangun Kampus Startup di IKN

Anindya Bakrie (dok. Instagram @anindyabakrie)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – Direktur Utama dan Chief Executive Officer (CEO) PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR), Anindya N. Bakrie, mengunjungi Station F di Paris. Anindya berdiskusi dengan senior representatives Station F, Marwan Elfitesse, selaku Head of Startup Programs beserta para jajarannya.

OIKN Bikin Program Agar Ibu hingga Penyandang Disabilitas di IKN Melek Digital

Melalui unggahan video di Instagram pribadinya, @anindyabakrie, Anindya Bakrie menjelaskan bahwa Station F adalah bekas stasiun kereta api di Paris, yang kini telah diubah menjadi Kampus Startup terbesar di dunia.

"Station F menaungi 1.000 startups, 30 lebih program inkubasi, yang mana 70 persen berasal dari entrepreneur Prancis dan 30 persen sisanya international," kata Anindya dalam unggahan di Instagram @anindyabakrie, Selasa, 16 April 2024.

Sandiaga Uno Lepas Pelari One Run 10K kelas 5K dengan Pantun

Dalam video tersebut, Anindya pun menjelaskan sedikit soal sejarah dari terbentuknya Station F sebagai sebuah ekosistem startup di Paris dan dunia. Hal itu dilakukannya sambil menunjukkan suasana pada jam makan siang, yang terlihat di lokasi tersebut.

"Di video kali ini saya ajak anda lihat suasana Station F, yang dibangun dari bekas stasiun dan banyak memakai bekas gerbong untuk dekorasinya," ujarnya.

Anindya Bakrie Optimis Tahun Depan One Run 10K Diikuti 10 Ribu Peserta: Kita Pecahkan Rekor

Anindya mengatakan, dengan didukung oleh banyak venture capital, perusahaan besar, universitas, dan lain-lain, Station F memiliki tujuan sama dengan pemerintah Indonesia. Yaitu sama-sama ingin menciptakan ekosistem startup, yang bisa menghasilkan perubahan yang baik.

"Di sana dilakukan riset teknologi mutakhir seperti climate tech, AI, dan lain sebagainya," kata Anindya.

Selain berdiskusi, Anindya mengaku juga sekaligus belajar ke pihak pengelola Station F, karena dirinya memiliki ide jika konsep serupa Station F ini bisa dibawanya ke Indonesia, khususnya ke IKN Nusantara.


Source : VIVA.co.id/Arianti Widya

Nantinya, Anindya meyakini bahwa project serupa Station F yang bakal dibangun di IKN itu, akan melengkapi konsep International Institute of Sustainability yang telah digagas melalui kerja sama antara Bakrie Group dan Stanford School of Sustainability.

"Jadi kita bangun semacam Station F ini di @ikn_id. Berdampingan dengan International Institute of Sustainability yang sedang dibangun di sana, di mana kami @bakriecenter bekerja sama dengan IKN dan Stanford School of Sustainability untuk reserch project-nya," ujar Anindya.

"Bagaimana menurut teman-teman, setuju gak konsep Station F ini kita bawa ke Indonesia?" ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya