Kejar Target Pembangunan, Pekerja Proyek IKN Mudik Diantar Pakai Hercules

Seorang pekerja sedang mengawasi pembangunan proyek perumahan pekerja konstruksi yang nanti digunakan untuk pekerja membangun infrastruktur di IKN, Penajam Paser Utara.
Sumber :
  • Antara

Jakarta – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan, saat ini pihaknya masih terus berupaya menggenjot pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Supaya bisa disiapkan guna mengakomodir penyelenggaraan upacara 17 Agustus 2024 di IKN.

Oknum ASN di Mojokerto Cabuli Gadis ABG Teman Anak Sendiri, Begini Kronologinya

Karenanya, jatah libur mudik bagi lebih dari 13.000 pekerja konstruksi IKN itu pun telah berakhir, dan para pekerja pun mulai balik lagi ke IKN guna kembali bekerja dan menyelesaikan proyek sesuai target.

Bahkan, guna mengefektifkan waktu perjalanan mudik bagi para pekerja IKN itu, Basuki mengaku bahwa pihaknya sampai harus memfasilitasi kendaraan mudik untuk mereka. Yakni melalui jalur darat, laut, dan udara, di mana salah satunya menggunakan Pesawat Hercules milik TNI Angkatan Udara (AU).

Iuran Tapera Dipotong dari Gaji Pekerja, Menteri Basuki: Itu Tabungan, Tidak Hilang!

Pembangunan jalan lingkar sepaku yang menjadi konektivitas menuju IKN.

Photo :
  • Dok. PUPR

"Jadi kemarin para pekerja (IKN) kan pada mudik, maka kita siapkan (pesawat) Hercules. Kemudian dibawa ke Surabaya, dan sekarang sudah dibawa kembali pakai Hercules (ke IKN) supaya mereka bisa langsung kerja lagi," kata Basuki usai acara Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, yang digelar di Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa, 16 April 2024.

Pembangunan Training Center Timnas Indonesia di IKN Segera Rampung, FIFA Beri Pujian

Hal itu sangat penting agar para pekerja proyek di IKN bisa memanfaatkan waktu mudik secara efektif, supaya mereka juga bisa segera kembali bekerja demi mengejar target penyelesaian sejumlah proyek di IKN.

Basuki menjelaskan, sejumlah pekerjaan yang penyelesaiannya tengah dikebut, antara lain yakni dari sisi konstruksi hunian hingga infrastruktur air minum. Dia berharap, infrastruktur tersebut sudah akan rampung sebelum bulan Agustus 2024 mendatang, guna mendukung pelaksanaan Upacara HUT RI ke-79 di IKN.

"Dari 47 (tower hunian ASN) itu Juli insyaallah 12 selesai, setara 720 unit," ujarnya.

IKN Nusantara.

Photo :
  • VIVA.co.id/Arianti Widya

Diketahui, sebelumnya Menteri Basuki juga telah menjelaskan bahwa pemindahan ASN ke Ibu Kota Nusantara (IKN), akan dilakukan setelah upacara kemerdekaan Republik Indonesia yang juga akan digelar di IKN pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Dia menjelaskan, keputusan pemindahan ASN ke IKN usai Upacara 17-an nanti, dilakukan dengan sejumlah pertimbangan. Salah satunya yakni bahwa hunian dan kantor ASN yang sudah akan rampung sebelum Agustus nanti, akan digunakan terlebih dahulu sebagai akomodasi bagi para petugas upacara.

"Jadi bulan Agustus nanti kan rencana 17 Agustusan, baru setelah itu ASN pindah (ke IKN). Karena hunian-hunian yang ada dan kantor di sana dipakai dulu untuk petugas-petugas upacara 17-an," kata Basuki usai acara Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, yang digelar di Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa, 16 April 2024.

Bahkan, Basuki memastikan jika pada pekan depan dirinya akan mengecek langsung progres pembangunan IKN. Hal itu utamanya untuk memastikan segala kesiapan yang diperlukan, jelang upacara 17-an di IKN pada Agustus 2024 mendatang.

"Karena soal distribusi air minum ditargetkan juga harus selesai pada Juli mendatang," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya