Lebaran 2024, KAI Bandara Medan Mengangkut 102.502 Penumpang

Aktivitas penumpang KA Bandara Medan.(istimewa/VIVA)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Medan – PT. KAI Bandara Medan mencatat telah mengangkut 102.502 penumpang sebagai angkutan Lebaran 2024 sejak 5 hingga 16 April 2024. Adapun, rute perjalanannya adalah Bandara Kualanamu - Kota Medan - Kota Binjai.

Temuan Survei Indikator: Publik Puas Kinerja Polri Selama Mudik Lebaran 2024

"Para penumpang memilih kereta api bandara sebagai pilihan, untuk perjalanan mereka sampai ke pusat kota ataupun menuju bandara selama musim mudik dan balik Lebaran," kata Corporate Communications KAI Bandara, Sosiawan Putra pada Jumat, 19 April 2024.

Aktivitas penumpang KA Bandara Medan.(istimewa/VIVA)

Photo :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)
30 Warga Kabupaten Sergai Diduga Keracunan Makanan

Berdasarkan data yang diperoleh KAI Bandara Medan, tercatat pada tanggal 15 April dengan total 11.006 penumpang, terdiri dari KA Bandara Kualanamu tujuan Medan - Kualanamu sebesar 1.172 penumpang, KA Srilelawangsa Medan ke Kualanamu sebesar 1.671 penumpang dan KA Srilelawangsa Medan ke Binjai sebanyak 8.163 penumpang. 

Untuk volume terendah terjadi pada H-1 lebaran, yaitu 9 april 2024 dengan total penumpang 5.582 orang, terdiri dari KA Kualanamu rute Medan menuju Bandara Kualanamu sebanyak 632 penumpang. Lalu, KA Srilelawangsa rute Medan menuju Kualanamu sebesar 733 penumpang, dan KA Srilelawangsa dari Medan menuju Binjai sebesar 4.217 penumpang.

PKS Minta Kemenhub Gencarkan Ramp Check dan Sosialisasi Aplikasi 'MitraDarat' Cek Kelaikan Bus

Dibandingkan tahun 2023, jumlah penumpang KA Bandara Medan selama masa posko angkutan lebaran 2023 sebesar 86.894 penumpang atau tercapai 118%.

“KAI Bandara menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat. KAI Bandara berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik dan menjaga keselamatan serta kenyamanan seluruh penumpang," jelas Sosiawan.

Dengan komitmen terhadap pelayanan dan keselamatan penumpang, KAI Bandara menyediakan moda transportasi yang andal dan nyaman bagi masyarakat yang melakukan perjalanan selama periode angkutan Lebaran.

"Keberangkatan paling awal KA Bandara dari Stasiun Medan menuju Stasiun Kualanamu pada pukul 05.20 WIB, dan keberangkatan terakhir pada pukul 19.25 WIB. Sedangkan, keberangkatan paling awal dari Stasiun Kualanamu diawali pada pukul 06.45 WIB dan diakhiri pada pukul 20.25 WIB menuju stasiun Medan," ucap Sosiawan.

Para penumpang juga diharapkan dapat melakukan pemesanan tiket dengan segera untuk memastikan ketersediaan tempat, dan mengingatkan kepada penumpang agar memilih kereta api dengan waktu yang cukup sebelum keberangkatan pesawat, yakni 2 jam sebelum keberangkatan domestik atau 3 jam sebelum keberangkatan internasional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya