Presdir P&G: Konsumen Adalah Bos

Presiden Direktur P&G Indonesia Saranathan Ramaswamy
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Presiden Direktur Procter & Gamble (P&G) Indonesia, Saranathan Ramaswamy menyebut bahwa konsumen adalah bos. Oleh karena itu, P&G terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas produk yang dimilikinya.

Banyak yang Minat Jadi Beautypreneur, Industri Kecantikan Nasional Makin Berkembang

"Di P&G, kami selalu percaya bahwa konsumen adalah bos, dan kami sangat menghormati pesaing kami. Dan hal ini justru mendorong kami untuk bertindak lebih banyak dalam memahami konsumen kami, dan berbuat lebih banyak untuk dapat menghadirkan produk dengan kualitas superior," ucap Sara dalam program The Interview VIVA.co.id dikutip Sabtu, 20 April 2024.

Sara menyampaikan bahwa dalam menjalankan bisnisnya, P&G senantiasa melakukan pendekatan. Hal itu tidak hanya di pasar Indonesia, namun juga secara regional dan global.

Sekolah di Filipina Tutup Hingga 30 Orang di Thailand Meninggal Akibat Cuaca Panas Ekstrem

"Itulah yang kami sebut sebagai Integrated Growth Strategy. Ketika kami menjalankan strategi pertumbuhan yang terintegrasi dengan baik, kami percaya konsumen kami juga akan mendapatkan manfaatnya," jelasnya.

Presiden Direktur P&G Indonesia Saranathan Ramaswamy

Presiden Direktur P&G Indonesia Saranathan Ramaswamy

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Intip Arti Kesuksesan bagi Presiden Direktur P&G Indonesia

Selain itu, Sara juga menyampaikan bahwa dibandingkan perusahaan FMCG atau industri yang menyediakan produk sehari-hari lainnya, P&G sudah memiliki portofolio di pasar. 

"Preferensi konsumen menjadi landasan utama kinerja kami. Kami berkomitmen untuk terus memperluas portofolio kami, terutama pada kategori dimana kualitas produk menjadi faktor utama yang mendorong konsumen untuk menggunakan produk kami," ujarnya.

Selain itu yang membedakan P&G dengan perusahaan lainnya, P&G selalu melibatkan konsumen. Misalnya, P&G meminta masukan dari konsumen mengenai produk yang mereka produksi.

"Ketika kami membawa produk kami ke konsumen,    mereka mengharapkan keunggulan dalam berbagai metrik. Kami ingin memastikan, produk kami adalah yang terbaik di pasar. Jadi, kami memulai dari keunggulan kualitas produk dari produk yang mereka konsumsi," terangnya.

Adapun beberapa produk yang dimiliki oleh P&G di antaranya Pampers, Downy, Gillette, Head and Shoulders, Pantene, Rejoice, Ambi Pur, Oral-B, Vicks, Sangobion, Neurobion, Hemobion, hingga Olay.

Sara melanjutkan, ada lebih banyak persamaan daripada perbedaan dalam memimpin P&G di India dan Indonesia. Karena diketahui sebelum menjabat sebagai pimpinan P&G Indonesia, Sara juga berkarier di kantor P&G India.

"Saya bisa bilang lebih banyak persamaan daripada perbedaan. Dan saat ini kebutuhan konsumen kami sedang berkembang pesat, dan salah satu alasan utamanya adalah cara mereka mengonsumsi informasi, bagaimana kebiasaan dan praktik mereka telah berubah," terangnya.

Menurutnya, untuk mengetahui apa kebutuhan konsumen, mereka harus benar-benar memahami apa yang mereka inginkan. "Dan seperti yang kita lihat, dalam rencana kami untuk mengembangkan bisnis, hal terpenting yang harus selalu kita lakukan adalah bertanya, apa yang diinginkan oleh konsumen. Dan selalu mengikuti perkembangannya, memastikan kita benar-benar mengerti apa yang mereka inginkan," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya