Pelindo Layani 2,26 Juta Orang Selama Periode Mudik Lebaran 2024

Gedung Pelindo
Sumber :
  • Dok. Pelindo

Jakarta – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) alias Pelindo telah melayani total 2.260.360 orang penumpang di 63 terminal kelolaannya selama periode libur atau arus mudik dan balik Lebaran mulai tanggal 26 Maret - 26 April 2024.

Jurus Perusahaan BUMN Berdayakan Ekonomi Masyarakat di Raja Ampat

Group Head Sekretariat Perusahaan, Ardhy Wahyu Basuki mengatakan, jumlah ini melonjak 8,99 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, yang sebanyak 2,07 juta orang. 

"Hingga H+15, jumlah kendaraan yang telah menggunakan layanan kepelabuhanan di 63 terminal mencapai 212.527 kendaraan," kata Ardhy dalam keterangannya, Selasa, 30 April 2024.

Sopir Ugal-ugalan, Bus Angkut Puluhan Penumpang Terguling di Lombok Timur

Arus Mudik di Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan

Photo :
  • BKIP Kemenhub

Dia juga merinci, jumlah pengguna tertinggi terjadi pada H+3 Lebaran, yakni sebanyak 89.200 orang dan 5.284 kendaraan yang melewati terminal penumpang dan RoRo yang dikelola Pelindo.

Dapat Arahan Jokowi, Airlangga Minta Otoritas di Pelabuhan Kerja 24 Jam Atasi Penumpukan Kontainer

"Walau terdapat lonjakan pergerakan pemudik di 63 terminal penumpang Pelindo, penanganan arus mudik dan arus balik lebaran 2024 di seluruh terminal penumpang telah berlangsung dengan lancar dan aman. Bahkan saat mencapai puncak kepadatan, sistem kami tetap mampu menjaga kelancaran pelayanan dengan baik," ujarnya.

Ardhy menambahkan, sepanjang arus mudik lebaran 2024, terminal penumpang dengan jumlah pengguna terbanyak yang dilayani yakni terminal penumpang Tanjung Perak, dengan 271.980 penumpang. Kemudian disusul terminal Tanjung Pinang dengan 237.913 penumpang, dan terminal Tanjung Balai Karimun sebanyak 135.808 penumpang. 

Di sisi lain Ardhy mengatakan bahwa Pelabuhan Panjang yang menjadi pelabuhan alternatif untuk mengurai kepadatan jalur penyeberangan Jawa-Sumatera, telah sukses melayani sebanyak 4.166 kendaraan dan 7.863 penumpang.

Dia memastikan, kegiatan Angkutan Lebaran 2024 telah terlaksana dengan lancar, aman, dan tertib, dan tidak terlepas dari kolaborasi dan sinergitas serta kerja sama dari seluruh instansi kepelabuhanan terkait lainnya.

"Terima kasih atas kolaborasi dan sinergitas serta kerja sama yang sangat baik oleh masyarakat, TNI-Polri, Kemenhub, Kementerian BUMN dan semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Angkutan Lebaran 2024 ini, sehingga kenyamanan dan keselamatan pemudik terjamin," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya