MIND ID Cetak Pertumbuhan Positif di 2023, Simak Rinciannya

MIND ID.
Sumber :
  • Dokumentasi MIND ID.

Jakarta – BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia atau Mining Industry Indonesia (MIND ID) berhasil menorehkan capaian positif untuk tahun buku 2023. Sekretaris Perusahaan MIND ID, Heri Yusuf mengatakan, keberhasilan anggota holding MIND ID ini merupakan langkah untuk mendorong pertumbuhan sektor pertambangan Indonesia.

Dukung Hilirisasi Mineral, MIND ID Serius Jalankan Proyek Smelter

"Melalui kinerja tersebut, perusahaan menegaskan posisinya sebagai pemimpin dalam industri yang proaktif mengembangan sektor pertambangan nasional," kata Heri dalam keterangannya, dikutip Kamis, 2 Mei 2024.

Dia pun membeberkan beberapa capaian tersebut, yang di antaranya meliputi PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), PT Freeport Indonesia (PTFI), dan PT Timah Tbk. Kesemuanya tercatat berkomitmen membukukan kinerja positif dan berkelanjutan, dalam menghadapi dinamika pasar global.

Harga Emas Hari Ini 10 Mei 2024: Produk Global dan Antam Meroket

Ilustrasi MIND ID.

Photo :
  • Dokumentasi MIND ID.

PT Antam dijelaskan berhasil mencatat laba tahun berjalan sebesar Rp 3,08 triliun. Capaian ini tidak hanya tercermin dari pendapatan yang meningkat, tetapi juga dari upaya strategis dalam mencapai efisiensi dan mengoptimalkan kinerja produksi.

RUPST Bukit Asam Sepakat Tebar Dividen Rp 4,6 Triliun, 75 Persen dari Laba Bersih

"Dengan fokus pada komoditas utama seperti nikel, emas, dan bauksit, Antam terus memperkuat posisinya di pasar dalam negeri maupun global," ujarnya.

Bahkan, Antam turut memperkuat struktur keuangan dengan mencatatkan posisi saldo kas dan setara kas pada akhir periode 2023, senilai Rp 9,21 triliun atau meningkat signifikan 106 persen dibanding 2022 sebesar Rp 4,48 triliun.

Sementara PTBA juga menorehkan kinerja operasional yang juga mengesankan, dengan produksi batu bara mencapai 41,9 juta ton pada tahun 2023. Capaian ini, melampaui target yang ditetapkan, dan menegaskan keunggulan PTBA dalam menghadapi tantangan pasar seperti misalnya koreksi harga batu bara dan fluktuasi pasar yang dinamis.

Sedangkan PT PTFI menunjukkan komitmen kuat dalam memberikan dampak positif bagi masyarakat di sekitar wilayah operasionalnya. Perusahaan berhasil menyetorkan sekitar Rp 3,35 triliun bagi daerah penghasil.

Dengan laba bersih sebesar Rp 48,79 triliun, PTFI terus berkomitmen memberikan manfaat kepada masyarakat di sekitar wilayah operasional tambang lewat berbagai program investasi sosial.

Dengan berbagai capaian ini, Heri mengatakan Grup MIND ID akan terus mendorong pertumbuhan yang agresif dan berkelanjutan. Holding juga terus mengembangkan inovasi, meningkatkan efisiensi operasional, dan memperluas kemitraan strategisnya.

Lewat pencapaian para anggota holding, MIND ID menegaskan visinya untuk menjadi kekuatan utama dalam mendorong pertumbuhan dan kemakmuran Indonesia.=

“Dengan langkah-langkah strategis yang diterapkan dan komitmen yang berkelanjutan, MIND ID siap membawa industri pertambangan Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya