125 Ribu Orang Tinggalkan Jakarta pada Libur Long Weekend, KAI Tambah Armada Kereta Api

Ilustrasi Kereta api melintas
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Jakarta - PT KAI Daop 1 Jakarta menyebutkan terjadi lonjakan penumpang pada libur akhir pekan dan cuti bersama Kenaikan Yesus Kristus 2024, khususnya pada Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dari Stasiun Gambir maupun Stasiun Pasar Senen.

KAI Keluarkan Kebijakan Baru soal Pengembalian Dana Pembatalan Tiket

Manager Humas Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko mengatakan, sekitar 125 ribu tiket lebih telah dipesan untuk periode keberangkatan 8-12 Mei 2024.

"Berdasarkan data pemesanan tiket jumlah volume pengguna jasa paling tinggi terjadi pada hari Kamis, 9 Mei 2024, dimana total terdapat sekitar 35.664 pengguna berangkat dari Stasiun Gambir, Pasar Senen, dan beberapa stasiun lain di wilayah Daop 1 Jakarta," kata Ixfan dalam keterangannya, Jumat, 10 Mei 2024.

Bikin Geram KAI, Usai OTK di Surabaya Serang Kereta Api Pasundan

Ilustrasi rangkaian kereta api

Photo :
  • ANTARA/Raisan Al Farisi/hp

Dia mengatakan, dari jumlah tersebut 17.419 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen, 12.748 penumpang dari Stasiun Gambir, dan sisanya 5 ribu lebih penumpang lainnya dari Stasiun Bekasi, Jatinegara, Cikarang, Karawang, Cikampek dan Jakarta Kota. 

PT KAI Bayar Tunggakan Pajak Centre Point Rp107 Miliar, Segel Dicabut Pemkot Medan

"Jumlah penumpang berangkat pada momen libur panjang akhir pekan ini meningkat lebih dari 2 kali lipat, jika dibandingkan dengan rata-rata penumpang di hari biasa," ujarnya.

Karena itu, untuk memenuhi kebutuhan pelanggan kereta api pada momen libur panjang ini, mulai tanggal 8 Mei 2024 KAI Daop 1 Jakarta menjalankan beberapa KA tambahan. Di antaranya yaitu Argo Cheribon relasi Gambir - Cirebon PP, Argo Parahyangan Gambir - Bandung PP, Taksaka Tambahan relasi Stasiun Gambir – Yogyakarta PP dan Manahan relasi Gambir – Yogyakarta PP.

Ixfan mengatakan, penambahan frekuensi perjalanan kereta api tersebut ditujukan untuk mengantisipasi peningkatan volume pelanggan, pada libur panjang akhir pekan di awal bulan Mei 2024. 

“Peningkatan jumlah perjalanan KA ini merupakan bagian dari komitmen KAI untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, terutama pada masa high season seperti long weekend pekan ini,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya