Data Center Summit 2024 Soroti Penggunaan Sumber Energi Berkelanjutan

Ilustrasi data center.
Sumber :
  • Pixabay

Jakarta – Perusahaan bidang kelistrikan dan ngedung digital, Legrand Indonesia kembali menyelenggarakan Legrand Day - Data Center Summit, yang tahun ini berkolaborasi dengan Indonesia Data Center Provider Organization (IDPRO). Bisnis data center berkelanjutan jadi sorotan.

BMW Seri 3 Touring Terbaru Resmi Diluncurkan dalam Edisi Terbatas

Benoit Coquart, Chief Executive Officer Legrand, mengatakan, tema acara kali ini, 'We Seize the Future' memiliki makna khusus. Karena, bersama dengan pemimpin industri lainnya membahas aspek-aspek penting dari masa depan infrastruktur, teknologi, dan keberlanjutan data center.

“Kami akan terus menyediakan beragam solusi untuk membantu pelanggan kami dalam mengoperasikan data center mereka dengan lebih baik. Fokus kami adalah meningkatkan efisiensi energi dan kinerja, secara bertahap memperkenalkan produk dan solusi yang siap untuk masa depan dan yang dapat membantu pelanggan kami untuk beroperasi dengan keberlanjutan sebagai fokus utama," ujar Benoit dikutip dari keterangannya, Jumat, 17 Mei 2024.

Curhat Industri Dalam Negeri Dihantam Aturan Baru Kemendag soal Impor

Menurutnya, pada summit tersebut, Legrand, bersama dengan para ahli data center, regulator, dan perusahaan lainnya, mengadakan panel diskusi yang mencakup berbagai topik seperti arah dan tren masa depan industri data center. Kemudian, kebutuhan akan infrastruktur AI-Ready serta aspek keberlanjutan dan efisiensi data center.

Ilustrasi data center

Photo :
  • www.pixabay.com/Akela999
Menko PMK Ragukan Laporan Penurunan Stunting 0,1 Persen pada 2023

Pertemuan kolaboratif ini menjadi sarana penting untuk mendiskusikan tren dan kemungkinan yang akan terjadi dalam industri ini. Presentasi dan wawasan tentang bagaimana teknologi AI berperan dalam industri data center, serta aspek keberlanjutan dan efisiensi, juga dipresentasikan oleh tim Legrand Data Center.

“Saat ini, kecerdasan buatan (AI) sedang merombak dunia, mendorong industri-industri untuk berinovasi. Dalam mengatasi tantangan ini, Legrand mengembangkan solusi data center AI siap pakai, yang dapat diimplementasikan dengan cepat, dan dalam skalabilitas yang beragam,” tambahnya.

Hendra Suryakusuma, Ketua IDPRO, menjabbarkan tantangan dan peluang dalam industri data center di masa depan. Panel pertama, ‘Navigating the Emerging Future’ mengeksplorasi dampak teknologi yang muncul seperti edge computing, 5G, AI, dan IoT pada desain data center dan penyesuaian aspek operasional. Panel kedua, ‘Sustainability and Net Zero Emission’ berfokus untuk menyelaraskan pertumbuhan data center dengan tujuan Indonesia untuk mencapai emisi nol bersih pada tahun 2060.

Ilustrasi Data Center

Photo :
  • Sun Microsystems

Anggota Komisi VII DPR Dyah Roro Esti juga menambahkan bahwa pusat data membutuhkan energi yang signifikan. Untuk mendorong keberlanjutan, kita harus menggunakan sumber energi yang lebih bersih.

“Kami sedang menyusun sebuah rancangan undang-undang energi baru dan terbarukan untuk mengurangi emisi CO2, dengan memperhatikan bahwa saat ini 70 persen dari listrik kita berasal dari sumber yang kurang ramah lingkungan. Inisiatif ini merupakan komitmen kami untuk mendiversifikasi portofolio energi kami dan mempromosikan energi terbarukan untuk masa depan yang berkelanjutan,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya