Kabar Bahagia! Mahasiswa Bisa Daftar KIP Kuliah Tanpa Tercatat di DTKS, Ikuti Langkah Berikut Ini

KIP Kuliah.
Sumber :
  • Kemdikbud

VIVA –  Pemerintah kembali membuka pendaftaran bagi mahasiswa maupun calon mahasiswa untuk mencatatkan diri sebagai penerima bantuan program KIP Kuliah Merdeka 2024. 

Cuma Nonton YouTube Langsung Bisa Dapat Saldo Dana Gratis? Buruan, Jangan Terlewat

Registrasi bantuan sosial (bansos) dari pemerintah yang diperuntukkan bagi pelajar perguruan tinggi dilakukan secara daring melalui situs Kementerian Kebudayaan (Kemendikbud). Batas akhir pendaftaran pada tanggal 31 Oktober 2024. Jadi jangan sampai melewatkan peluang emas ini ya.

Berbeda dari periode sebelumnya, program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka 2024 tidak mengharuskan mahasiswa tercantum pada sistem Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) milik Kementerian Sosial (Kemensos).

Ingin Terima Saldo Dana Rp21 Juta Per Bulan? Coba Amalkan Langkah Ini

DTKS merupakan sistem data yang mencatat masyarakat yang menerima pelayanan kesejahteraan sosial, pemberdayaan, dan penerima bantuan sosial. Di mana sistem dikelola oleh Pusdatin Kesos (Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial).

Ilustrasi jurusan kuliah diploma yang menjanjikan di masa depan

Photo :
  • http://dipity.com
Selamat Kamu Mendapatkan Saldo Dana Rp700 Ribu dari Kartu Prakerja Gelombang 70!

Kini, semua mahasiswa memiliki kesempatan yang sama mendaftar KIP Kuliah Merdeka 2024 untuk mendapatkan saldo dana gratis alias uang saku dari negara. Baik mahasiswa baru atau lama dengan berbagai jalur seleksi masuk universitas. 

Uang KIP Kuliah Merdeka 2024 merupakan bantuan biaya hidup bagi mahasiswa selama mengenyam pendidikan tinggi. Saldo dana akan ditransfer langsung ke rekening mahasiswa penerima.

Ilustrasi kekayaan dalam bentuk kepemilikan uang dolar

Photo :
  • vstory

Tak hanya itu, KIP Kuliah juga memberikan jaminan biaya pendidikan yang akan dibayarkan oleh pemerintah secara langsung ke perguruan tinggi. Nominal jumlah saldo dana gratis atau beasiswa kuliah tergantung pada Akreditasi program studi (prodi) yang dipilih mahasiswa penerima. 

Mengutip buku pedoman pendaftaran KIP Kuliah, besaran alokasi saldo dana atau beasiswa untuk prodi Akreditasi Unggul (A) maksimal Rp 8 juta. Pengecualian untuk prodi Kedokteran yang menerima dana paling besar Rp 12 juta. Prodi Akreditasi B (Baik Sekali) memperoleh Rp 4 juta dan prodi Akreditasi Baik (C) maksimal Rp 2,4 juta.

Berikut, persyaratan yang harus disiapkan mahasiswa yang tidak tercatat di sistem DTKS untuk mendaftar sebagai penerima KIP Kuliah Merdeka 2024.

  • Slip gaji atau bukti tertulis pendapatan kotor gabungan orang tua/wali yang setelah dijumlahkan maksimal hanya Rp4 juta per bulan atau penghasilan kotor gabungan dibagi jumlah anggota keluarga dengan jumlah maksimal Rp750 ribu.
  • Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari pemerintah tingkat desa/kelurahan.

Setelah syarat di atas terpenuhi, calon penerima KIP Kuliah Merdeka 2024 mendaftar secara mandiri.

  • Mengakses website kip-kuliah.kemdikbud.go.id](https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/
  • Masukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email aktif.
  • Lengkapi data yang diminta seperti biodata, keluarga, prestasi, dan rencana tinggal saat kuliah.
  • Unggah dokumen yang dibutuhkan.
  • Sistem akan melakukan validasi data. Apabila berhasil, siswa akan menerima email berisi Nomor Pendaftaran dan Kode Akses.
  • Klik ‘login’ dan masukkan nomor pendaftaran serta kode akses.
  • Isi jalur seleksi yang diikuti (SNBP, SNBT, Mandiri)
  • Pihak universitas akan melakukan verifikasi data mahasiswa tersebut.
  • Jika berhasil maka mahasiswa berhak menerima saldo dana gratis dari pemerintah pada program KIP Kuliah Merdeka 2024.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya