Optimalkan Momentum Ramadan untuk Dongkrak Omzet UMKM, PNM Fasilitasi Perluasan Akses Pasar
- Humas PNM
Jakarta, VIVA – PT Permodalan Nasional Madani (PNM) berkomitmen mendukung pemberdayaan usaha ultra mikro, khususnya bagi para nasabah PNM Mekaar. Salah satunya dengan menghadirkan program Cici Rosa (Cicip-Cicip Produk Usaha Nasabah) selama bulan Ramadan.
Program tersebut diselenggarakan sebagai upaya untuk memperluas akses pasar bagi nasabah yang memiliki usaha makanan dan minuman. Terlaksana di 58 cabang PNM yang tersebar di seluruh Indonesia.
Dengan melibatkan nasabah PNM Mekaar unggulan terpilih, program Cici Rosa menjadi kesempatan mempromosikan serta menjual produk makanan dan minuman dengan secara lebih luas. Harapannya dapat menjangkau lebih banyak pelanggan, meningkatkan penjualan, dan memperluas jaringan bisnis mereka selama bulan Ramadan yang identik adanya peningkatan konsumsi makanan dan minuman.
Direktur Utama PNM Arief Mulyadi menyampaikan, program tersebut sejalan dengan misi PNM dalam memberdayakan perempuan pelaku usaha ultra mikro yang menyesuaikan momentum Ramadan.
Direktur Utama PNM, Arief Mulyadi
- VIVA/Siska Permata Sari
“Konsepnya agar terjadi ekosistem jual beli yang lebih ramai karena ada berbagai varian makanan di satu tempat, seperti mini bazar takjil lah,” ujar Arief dikutip dari keterangan resmi pada Jumat, 14 Maret 2025.
Arief menambahkan, hadirnya program Cici Rosa dapat mendorong omset nasabah binaan. Selain itu, memberikan pengalaman berharga sehingga dapat membuat varian produk lain yang relevan dengan minat konsumen.
“Kalau ada bazar atensi orang untuk beli lebih tinggi karena masyarakat punya opsi lihat-lihat dan pilih-pilih,” imbuh Arief.
Lebih lanjut, Arief mengatakan PNM dapat konsisten hadir memberi nilai tambah dan memberikan dampak positif bagi kesejahteraan nasabahnya melalui program Cici Rosa ini. Ke depan, PNM akan terus menghadirkan program-program inovatif untuk mendukung pengembangan usaha nasabah.