Transaksi Muamalat DIN Melejit Selama Ramadan hingga Lebaran
- Istimewa
Jakarta, VIVA – Selama bulan suci Ramadan hingga libur Idulfitri 1446 Hijriah, aplikasi mobile banking milik Bank Muamalat, yaitu Muamalat DIN, mencatat lonjakan penggunaan yang signifikan. Aplikasi ini menjadi solusi utama bagi nasabah yang ingin tetap bertransaksi dengan nyaman tanpa harus mengunjungi kantor cabang atau ATM.
Menurut Dadang Rohandi, Head of Digital Banking & Marketing Communication Bank Muamalat, total transaksi yang dilakukan lewat Muamalat DIN selama periode tersebut mencapai 3,2 juta transaksi—naik 37,1 persen dibandingkan periode Ramadan tahun sebelumnya. Dari sisi nilai transaksi, total yang dicapai pun fantastis, yakni sebesar Rp3,7 triliun, meningkat 32,5 persen dibandingkan tahun lalu.
Bank Muamalat.
- Dokumentasi Bank Muamalat.
"Kami memahami, masyarakat terutama yang mudik ke kampung halaman bisa jadi terbatas aksesnya ke ATM atau kantor cabang perbankan, tapi mereka tetap butuh layanan keuangan yang mudah, aman, dan nyaman. Muamalat DIN hadir memenuhi kebutuhan itu," kata Dadang.
Tiga jenis transaksi yang paling sering digunakan melalui Muamalat DIN selama Ramadan 2025 adalah transfer melalui BI-Fast, pemindahbukuan antar rekening, serta pembayaran dengan QRIS.Â
"Kami terus mengembangkan dan menambah fitur pada Muamalat DIN agar selalu relevan dengan kebutuhan transaksi keuangan nasabah," kata Dadang.
Aplikasi mobile banking PT Bank Muamalat Indonesia Tbk, Muamalat DIN
- Istimewa
Tak hanya itu, Muamalat DIN juga menyediakan fitur khusus bernama Hijrah Amal untuk membantu nasabah dalam menunaikan ibadah zakat dan donasi, seperti zakat fitrah, zakat mal, fidiah, dan sumbangan lainnya.
Menjawab kebutuhan mobilitas tinggi selama Ramadan dan lebaran, aplikasi ini juga memungkinkan pembayaran berbagai moda transportasi seperti tiket pesawat, kereta api, hingga kapal feri (Ferizy). Belum lagi fitur pembayaran tagihan listrik, air, hingga belanja online yang makin mempermudah gaya hidup digital para pengguna.
Sebagai pelopor bank syariah murni di Indonesia, Bank Muamalat juga terus melengkapi layanan digital lainnya, termasuk ATM, internet banking, dan sistem cash management Madina untuk mendukung kenyamanan nasabah dari berbagai segmen.