Strategi RB SIG Genjot Pemasaran hingga TIngkatkan Daya Saing Produk UMKM

Rumah BUMN SIG.
Sumber :
  • Dokumentasi SIG.

Jakarta, VIVA – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melalui Rumah BUMN SIG di Kabupaten Rembang (RB Rembang) yang dikelola oleh anak usahanya, PT Semen Gresik, terus berupaya membantu peningkatan daya saing UMKM. salah satunya dengan memasarkan hasil produksi UMKM selama Ramadan 2025.

Menteri Maman Sebut Aplikator Cuma Bisa Tampung 20 Persen Mitra Jadi Karyawan Tetap

Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni mengatakan, penjualan beragam hasil produksi UMKM yang sudah dikemas dalam bentuk hampers ini merupakan program tahunan yang dijalankan secara rutin menjelang perayaan Idul Fitri lalu. Masyarakat dapat membelinya di Galeri RB Rembang, maupun secara daring melalui platform digital seperti WhatsApp dan e-Commerce milik RB Rembang.

Sebanyak 173 UMKM binaan RB Rembang yang terlibat dalam program ini bergerak di bidang makanan, minuman, fesyen, batik, hingga kerajinan tangan. Seluruh produk yang ditampilkan dalam hampers ini telah melewati proses kurasi secara menyeluruh untuk memastikan mutu dan kapasitas produksi sesuai dengan permintaan pasar.

UMKM Madu Lokal Naik Kelas! Tembus Pasar Global Berkat Dukungan BRI

RB Rembang.

Photo :
  • Dokumentasi SIG.

“Alhamdulillah, program tahunan ini selalu mendapat sambutan positif yang terlihat dari jumlah pesanan masyarakat. Ini menjadi motivasi bagi SIG untuk menciptakan program-program lain yang lebih kreatif dan inovatif untuk mendongkrak penjualan produk UMKM, serta dengan dukungan yang berkelanjutan, menjadikan UMKM sebagai tulang punggung ekonomi daerah,” ujar Vita dikutip dari keterangannya, senin, 28 April 2025.

Kisah Inspiratif Yisti Yinika Memulai Bisnis dari Usaha Jastip Pakaian Karya UMKM Lokal

Sementara itu, pemilik usaha makanan ringan dengan merek Keriyes, Widya Wijaya (41 tahun) merasakan dampak positif lantaran produk-produknya turut serta dalam program tersebut. Produk Keriyes seperti krispi teri nasi, krispi cumi, rengginang ketawa, krispi rumput laut, dan amplang bandeng menjadi salah satu produk terlaris dalam program tersebut.

“Selama Ramadan tahun ini, saya bisa menjual produk Keriyes hingga sekitar Rp5,5 juta. Alhamdulillah, cukup membantu penjualan di momen jelang Idulfitri kemarin,” ujar Widya Wijaya.

Pria asal Desa Pangkalan, Kecamatan Sluke, Kabupaten Rembang ini mengaku kehadiran RB Rembang memberikan banyak manfaat bagi pengembangan usahanya.

“Peran RB Rembang cukup signifikan dalam pengembangan Keriyes. Selain pendampingan dan pelatihan, masih ada studi banding ke RB lain. Sehingga bisa meningkatkan daya saing, akses pasar dan penjualan juga semakin luas. Kami juga berkesempatan ikut serta dalam pameran seperti Bazar UMKM di Sarinah pada tahun 2023 lalu,” imbuh Widya

[Humas PT Semen Indonesia (Persero) Tbk]

Dukung Program 3 Juta Rumah, SIG dan Timah Properti Kolaborasi Bangun Perumahan di Bekasi

Kolaborasi SIG dengan Timah Properti ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan kerja sama kedua belah pihak pada bulan Februari 2025 lalu.

img_title
VIVA.co.id
18 Juni 2025