Mendag: G-20 Perhitungkan Indonesia

Mendag Gita Wirjawan
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Menteri Perdagangan Gita Irawan Wirjawan membeberkan sejumlah kesepakatan yang diperoleh dari pertemuan negara-negara G-20 di Cannes, Perancis, beberapa waktu lalu yang juga dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Saya rasa kami bisa mencatat seluruh anggota G-20, yang merupakan anggota perekonomian terbesar di dunia, bahwa relevansi Indonesia di dunia sangat diperhitungkan," kata Mendag, Gita Wirjawan di kantor Kementerian Perdagangan, Senin, 6 November 2011.

Indonesia, kata Gita, bisa berperan lebih baik dalam penyediaan kebutuhan pangan dunia yang kini dihuni 7 miliar penduduk. Masalah pangan ini disikapi secara kolektif oleh negara-negara anggota G-20 yang mewakili 80- 85 persen dari total perekonomian dunia.

Gita juga mengatakan bahwa kepentingan negara berkembang sudah berbeda dibandingkan beberapa tahun lalu, baik dari sisi skala perekonomian maupun dari peran negara-negara dalam perekonomian dunia. "Kalau kami lihat akhir-akhir ini justru negara-negara maju yang perekonomiannya mengalami kekhawatiran. Apalagi topik pembicaraan sedikit didominasi permasalahan Yunani. Mudah-mudahan negara berkembang termasuk Tiongkok, India, dan Indonesia bisa memberi kontribusi," kata Gita.

Sementara itu, dalam konteks perdagangan, Gita menjelaskan, Indonesia juga harus menyadari bahwa laju ekspor US$200 miliar harus dijaga di tengah krisis dunia. "Imbas negatif pasti terjadi di tengah gejolak perekonomian Eropa Barat dan Amerika," kata dia.

Gita melanjutkan, pembicaraan Indonesia dalam G-20 adalah meningkatkan ekspor dan juga investasi dengan kerjasama dengan sejumlah negara. Bukan hanya dengan negara-negara anggora G-20 saja, tetapi juga di luar G-20 supaya perekonomian Indonesia tetap bertahan. (umi)

Bahayanya Buronan Thailand yang Kabur ke Bali, Pernah Bunuh Polisi dan Tembak Hakim
Indonesia Selenggarakan Golf Tournament ke-2 di Ethiopia

KBRI Addis Ababa Gelar Turnamen Golf Kedua, Rayakan 69 Tahun Konferensi Asia Afrika

Untuk kedua kalinya, Kedutaan Besar RI (KBRI) di Addis Ababa menyelenggarakan turnamen golf di Addis Ababa Golf Club, Ethiopia, Sabtu 1 Juni 2024.

img_title
VIVA.co.id
2 Juni 2024